oleh

Perkuat Perikanan Rohil, Generasi Muda Bentuk Pentala Rohil

Pengurus Pentala Rohil

BAGANSIAPIAPI – Tidak lama setelah berkumpulnya beberapa orang tokoh pemuda Rokan Hilir, akhirnya mereka sepakat untuk membentuk Generasi Pecinta Laut Rokan Hilir atau disingkat dengan Penatala Rohil. Para pemuda juga menunjuk secara aklamasi dengan memilih Johny Charles sebagai ketua.

”Kita memilih Johny Charles bukan tanpa dasar. Bung Johny S1 dan S2-nya di Amerika dan kompetensi beliau tidak perlu diragukan lagi,” kata Iskandar yang juga wakil ketua Pentala Rohil kepada GoRiau.com, Jumat (30/11/2018).

banner 300x250

Menurutnya, amal bakti untuk membentuk organisasi yang bergerak di bidang lingkungan ini bertujuan untuk melindungi isi kandungan laut Rohil dari penangkapan secara illegal sampai ke anak-anak ikan yang diolah di pabrik. Karena penangkapan ilegal inilah menyebabkan ikan di Rohil jauh berkurang.

”Apalagi penangkapan ikan dalam satu hari mencapai ratusan ton. Tidak bisa kita bayangkan bagaimana mereka mengeksploitasi secara besar besaran,” cetusnya.

Sementara itu, ketua Pentala Rohil, Johny Charles mengungkapkan, generasi Rokan Hilir khususnya kaum millenial wajib menjaga kekayaan laut menjadi sumber ekonomi Kabupaten Rokan Hilir serta mencegah praktek ilegal yang bisa membahayakan kekayaan laut agar laut di Bagansiapiapi yang tidak hanya menjadi sejarah kekayaan laut terbesar tetapi tetap menjadi bagian sumber laut terbesar di Indonesia ke depan.

Hal itu tidak terlepas dari target pemerintah untuk membangun Indonesia dari daerah pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara Kesatuan Republik Indonesia.

”Kita berharap organisasi ini dapat bekerjasama dengan antar lembaga dan instansi yang berhubungan dengan perikanan,” kata Johny.