oleh

Ratusan Rumah Warga dan Asrama Pesantren di Desa Kuntu Kampar Terendam Banjir

Asrama Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu yang terkena banjir

BANGKINANG – Ratusan pemukiman warga di Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kampar, Riau dilanda banjir, Jumat (7/12/2018). Selain merendam rumah warga, air juga merendam asrama Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu.

“Sekitar 200 rumah warga yang terendam akibat banjir. Dan juga merendam sebagian asmara lelaki Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu,” ujar Kepala Desa Kuntu, Nasaruddin kepada GoRiau.com saat dihubungi melalui telepon selulernya.

banner 300x250

Ia juga menyebutkan, banjir ini diakibatkan karena tingginya curah hujan di sisi hulu, sehingga meluapnya air Sungai Subayang ke pemukiman warga.

“Penyebabnya dikarenakan tingginya curah hujan di sisi hulu, sehingga air Sungai Subayang meluap dan merendam ratusan rumah warga kita,” ucapnya.

Lebih lanjut Nasaruddin, rumah warga yang merata terkena banjir adalah di pelabuhan lama Desa Kuntu, dan rumah-rumah warga di pinggir sungai. Dan ia menghimbau kepada warga khususnya yang tinggal di bantaran sungai untuk tetap siaga.

“Yang merata rumah warga terkena banjir di pelabuhan lama, dan rumah warga yang di pinggir sungai. Kepada warga untuk tetap siaga apabila hujan lebat mengguyur,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kebanjiran ini cukup menjadi langganan di Desa Kuntu apabila musim penghujan seperti saat ini.