oleh

Banjir Rendam 5 Desa di Gunung Sahilan Kampar, Ini Desa yang Terparah

Banjir di Desa Gunung Sahilan, Sabtu 8 Desember 2018

BANGKINANG – Banjir rendam 5 desa di Kecamatan Gunung Sahilan, Kampar, Riau, Sabtu (8/12/2018). Terparah di Desa Sahilan Darussalam.

Camat Gunung Sahilan, Dedi Herman menyebutkan banjir terjadi sejak jumat (7/12) sore kemarin. Yang terparah di Desa Sahilan Darussalam.

banner 300x250

“Banjirnya sejak sore kemarin. Yang terparah di Desa Sahilan Darussalam, air merendam sebanyak 153 rumah warga,” kata Dedi Herman.

Dan adapun rumah warga di desa lainnya yang terendam banjir, kata camat, yakni di Desa Gunung Sahilan terendam sebanyak 93 rumah, di Desa Kebun Durian 39 rumah, Desa Subarak 7 rumah,di Desa Sungai Lipai 23 rumah.

Lebih lanjut ia menyebutkan, banjir ini diakibatkan karena hujan deras mengguyur wilayah Gunung Sahilan dan di sisi hulu beberapa hari ini, sehingga meluapnya air Sungai Subayang ke pemukiman warga. Ketinggian banjir 150 centimeter dari permukaan sungai.

“Penyebab banjir meluapnya air sungai, karena hujan lebat yang merata beberapa hari ini di desa yang ada di Kecamatan Gunung Sahilan. Apalagi air sungai di sisi hulu (Sungai dari Sumbar, red) mengalir ke Sungai Subayang semakin membuat meluapnya air ke pemukiman warga, karena informasinya hujan lebat juga mengguyur di sisi hulu,” jelasnya.

Dedi Herman menambahkan, bahwa pihak pemerintah dari BPBD Kabupaten Kampar saat ini sudah menyediakan tenda pengungsian untuk korban terkena bencana banjir. Dan ia menghimbau kepada warga tetap waspada, mengingat masih buruknya cuaca.