oleh

Peduli Petugas Kebersihan, Pemkab Kuansing Daftarkan 247 Orang sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Petugas kebersihan Kuansing menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan, Selasa (11/12/2018)

TELUKKUANTAN – Petugas kebersihan di Kuantan Singingi (Kuansing), Riau berbahagia setelah didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demikian, mereka memiliki kepastian jika ditimpa musibah saat bekerja.

Menurut Plt Kepala DLH Kuansing, Rustam melalui Kasi Pertamanan, Beni Miprasadi, ada 247 orang petugas kebersihan yang diproteksi dengan BPJS Ketenagakerjaan.

banner 300x250

“Penyerahan kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan dilakukan kemaren di Pendopo Lapangan Limuno. Ini merupakan program pemerintah yang peduli dengan PHL, khusus petugas kebersihan,” ujar Beni kepada GoRiau.com, Rabu (12/12/2018) pagi di Telukkuantan.

Dikatakan Beni, selain memenuhi amanat undang-undang, mengikutkan petugas kebersihan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud kepedulian Pemkab Kuansing atas keselamatan mereka saat bekerja.

“Pekerjaan mereka punya resiko yang cukup tinggi. Karena itu, kita lindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Beni.

Manfaat yang akan didapat peserta Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), lanjut Beni, adanya kompensasi dan rehabilitasi bagi petugas kebersihan, mulai dari saat berangkat dari rumah sampai kembali lagi ke rumah.

“Tidak hanya itu, jika petugas sakit karena lingkungan kerja, juga diproteksi BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Beni.

“Seandainya, petugas meninggal dunia, maka akan ada beasiswa bagi anaknya senilai Rp12 juta,” tambah Beni.

Untuk melindungi dan menjamin keselamatan petugas kebersihan, Pemkab Kuansing menggelontorkan dana sebesar Rp41,5 juta. Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan para petugas semakin semangat dalam bekerja.