oleh

Sahat Martin Philip Sinurat Diulosi Ompui Ephorus HBKP

Tokoh Muda Intelektual Sahat Martin Philip Sinurat (tengah) diulosi oleh pemimpin tertinggi Gereja HKBP Ompui Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing dan Istri. Ia juga diulosi Prases HKBP Distrik XXII Riau Pdt Mangantar Tambunan MTh dan istri. (foto istimewa)

PEKANBARU – Tokoh Intelektual Muda Kristen, Sahat Martin Philip Sinurat, tak henti mengucap syukur atas doa dan restu yang diberikan Ephorus HKBP Ompui Pdt DR Darwin Lumban Tobing.

Ia mendapat kehormatan di-ulosi oleh Pemimpin Tertinggi Gereja HKBP tersebut di acara Pesta Puncak Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam Lingkungan Hidup HKBP Distrik XXII Tahun, Minggu (16/12/2018).

banner 300x250

Acara tersebut, sekaligus dalam rangka Pisah Sambut Praeses HKBP (Pemimpin Gereja Tingkat Distrik) ‎Distrik XXII Riau dari Pdt Robert Silaban MTh kepada Pdt Mangantar Tambunan MTh.

“Wah, sungguh kehormatan yang luar biasa. Ini jarang sekali bisa didapatkan dari rohaniwan Besar seperti Ephorus. Ulos ini lambang Doa dan Restu bagi suku Batak. Semoga para rohaniwan kit, dimana pun melayani, selalu diberikan Hikmat dan Panjang Umur dari Tuhan,” ucap Sahat, Minggu sore kepada wartawan.

Sahat yang merupakan Mantan Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) ini mengungkapkan, bahwa selama Ia memimpin organisasi Kristen Tertua di Indonesia tersebut, Ia selalu menyatakan Gereja adalah Organ terpenting penjaga Iman dan Spiritual Umat Kristen.

“Gereja lah pemandu Iman. Kita boleh hebat dimana-mana, tapi harus senantiasa mendengar kata Imam di Gereja. Selama di GMKI, saya bertemu banyak Pemimpin Gereja Lintas Denominasi dan seluruh kader GMKI yang tersebar di seluruh Gereja pasti melakukan hal yang sama,” ucapnya.

Dilanjutkannya, Ia sudah banyak berkeliling di seluruh tanah air dan mengunjungi ratusan Gereja lintas Denominasi.

“Saya selalu mendengar keluhan tiap-tiap Gereja tanpa membeda-bedakan. Disitu lah kita tahu problem tiap Gereja itu juga berbeda-beda. Dan, baru kali ini lah saya diulosi oleh Pemimpin Tertinggi Gereja HKBP,” paparnya.

Selain dirinya, sejumlah Tokoh Batak dan Tokoh Gereja juga turut diulosi. Antara lain: Pengusaha Ternama di Riau HW Hutahaean dan Istri, Arse Napitupulu dan Istri, Ricky Sinambela dan Istri, dr Michael Tampubolon dan Kordias Pasaribu.

Sebagai catatan, Sahat sendiri tercatat sebagai salah satu Calon Anggota DPD RI asal Riau nomor nomor 43 di Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang. Sebagai Tokoh Intelektual Muda, Ia juga merupakan Co-Founder atau Pendiri Rumah Millenial dan Penggiat Anti Korupsi.