oleh

Dari Lelang Mobil Dinas, Kuansing Raup Rp1,51 Miliar

TELUKKUANTAN – Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau telah melelang 43 unit kendaraan dinas. Ternyata, ada 11 unit yang sama sekali tidak ada peminatnya. Dengan demikian, hanya terjual 32 unit kendaraan dinas.

Berdasarkan hasil rekap panitia lelang, nilai jual kendaraan dinas tersebut sebesar Rp1,54 miliar lebih. Sesuai aturan yang berlaku, bea lelang sebesar 2 persen dari nilai tersebut.

banner 300x250

“Jadi, ada sekitar Rp30,2 juta lebih yang masuk ke kas negara sebagai bea lelang,” ujar Kepala BPKAD Kuansing Hendra AP melalui Kabid Aset Hasvirta Indra kepada GoRiau.com, Senin (17/12/2018) sore di Telukkuantan.

Sementara, yang akan masuk ke kas daerah sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD), yakni senilai Rp1,51 miliar lebih. Namun, nilai tersebut belum sepenuhnya masuk ke kas daerah.

“Mana tau, para pemenang lelang tidak jadi mengambil mobil tersebut. Tentu, nilainya semakin berkurang,” papar Hasvirta.

Dikatakan Hasvirta, pemenang lelang sah-sah saja tidak mengambil kendaraan yang dimenangkannya. Sebagai konsekuensi, uang jaminan yang telah ia setorkan tidak kembali.

“Uang itu larinya ke kas negara, yang rugi si pemenang juga. Kendati demikian, kita berharap pemenang lelang segera mengambil mobilnya,” ujar Hasvirta. Sampai saat ini, baru 18 unit kendaraan yang diambil oleh sang pemenang.