oleh

Berhasil Selamatkan Hasil Laut, Kementerian Kelautan Beri Penghargaan untuk Polres Inhil

PEKANBARU – Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan ‎Hasil Perikanan (BKIPM) memberikan penghargaan kepada Polres Indragiri Hilir. Hal itu karena polisi dinilai berhasil menyelamatkan hasil laut dari kejahatan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Menteri Kelautan dan Perikanan Buk Susi Pudjiastuti hari ini kepada kami,” ujar Kapolres Indragiri Hilir AKBP Christian Rony Putra kepada GoRiau.com, Senin (17/12).

banner 300x250

Ia berharap penghargaan ini menambah semangat personel Polres Indragiri Hilir dalam menjaga laut dan kekayaan hasilnya dari segala tindakan kejahatan. Christian berjanji akan lebih memperketat pengawasan.

“Kita juga akan mencegah perbuatan melawan hukum yang dimungkinkan terjadi dan bisa merugikan negara kita. Semoga anggota saya lebih semangat dengan reward ini,” kata Christian.

Christian menyebutkan, pemberian reward itu dilakukan di Kantor BKIPM dan KHP Kementerian‎ Kelautan, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, oleh Kepala Badan, Riza Priyatna.

Polres Indragiri Hilir diwakili Kasat Pol Air AKP Awaludin dan anak buahnya Aiptu Bambang. Kementerian menilai polisi ikut berperas serta dalam Penegakkan hukum bidang kelautan dan perikanan. 

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Polres Inhil menggagalkan upaya penyelundupan benih baby lobster sebanyak 27 kotak berisi 201.000 ekor. Kemudian, polisi juga menyelamatkan 8 kotak berisi 36.000 berisi benih lobster. Jika diuangkan nilainya mencapai Rp 32 Miliar. 

Empat orang tersangka ditangkap polisi. Para tersangka yaitu Zainul Arifin (50) serta anaknya Fadilah Riandi (22). Lalu Maryanto (45) dan Radhiyatul Hayat (38), keduanya sopir, dan berasal dari Jambi. Kendaraan yang digunakan para pelaku yaitu, Kijang Inova BH 1178 LM, dan Avanza B 1371 SRA. Penangkapan dilakukan 20 Agustus 2018 lalu.  (gs1)