oleh

Kata BKPP Kuansing, Sertifikat Pendidik Berpengaruh Terhadap Kelulusan CPNS

TELUKKUANTAN – Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau telah usai. Kini, panitia sedang menunggu penilaian akhir untuk tenaga guru.

“Tes sudah selesai, tinggal melaporkannya ke Panselnas. Kapan diumumkan, kita belum bisa menentukan. Sebab, masih menunggu penilaian akhir,” ujar Kepala BKPP Kuansing Hernalis melalui Kabid Administrasi Kepegawaian Iwan Susandra, Kamis (13/12/2018) di Telukkuantan.

banner 300x250

Lebih lanjut Iwan mengatakan penilaian akhir untuk tenaga teknis dan kesehatan sudah selesai. Kini, tinggal penilaian untuk guru. Dikatakannya, sertifikat pendidik juga berpengaruh dalam mendongkrak kelulusan.

“Kalau ada sertifikat pendidik dan Pansel mengesahkan, nilainya akan tinggi. Saya tidak tahu pasti berapa dongkrak nilainya. Bisa jadi, peserta yang nilainya lebih rendah, tapi punya sertifikat, dia yang diangkat sebagai CPNS,” papar Iwan.

“Sebaliknya, walau nilainya lebih tinggi saat SKB, tapi tak punya sertifikat, bisa jadi nilainya kalah oleh peserta yang punya sertifikat. Tentu bisa jadi dia tidak duduk,” tambah Iwan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kuansing menerima CPNS pada tahun 2018 sebanyak 291 orang. Ketika dilakukan seleksi dengan sistem CAT, hanya 73 orang yang lulus passing grade.

Karena ada kebijakan pemerintah pusat, maka formasi yang tidak ada peserta mencapai passing grade dilakukan sistem ranking. Dimana, hanya tiga besar yang dinyatakan lolos ke tahap SKB.