oleh

Persiapkan SDM Ekonomi Syariah, Pemkab Siak Lakukan Kerjasama dengan STEI Tazkia

Bupati Siak, Drs H Syamsuar dan Rektor STEI Tazkia Dr Murniati Mukhlisin menunjukan surat MoU nya.

SIAK – Sekarang ini perekonomian syariah mulai berkembang. Masyarakat Indonesia mulai banyak yang melirik bahkan sudah mengerjakan berbagai macam kegiatan ekonomi syariah dalam kehidupannya sehari-hari. Pemkab Siak juga akan mempersiapkan SDM Ekonomi Syariah dengan melakukan kerjasama dengan STEI Tazkia.

Untuk mengikat kerjasama tersebut, Pemkab Siak lakukan penandatanganan MoU dengan STEI (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam) Tazkia tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Ruang Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak, Jumat (28/12/2018).

banner 300x250

Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi dalam kesempatan itu menyebutkan dirinya sebagai pemimpin Kabupaten Siak juga mempunyai nawaitu untuk Siak lebih baik lagi. Sehingga dalam menjalankan tugasnya sebagai Bupati Siak, Syamsuar perlu menjadikan tugas itu sebagai amal ibadahnya.

“Dulu saya waktu menjadi wakil Bupati bercita-cita ada pondok gontor di Siak, Alhamdulillah sekarang ada Gontor 14. Begitu juga ketika saya ingin ada MAN Cendekia, jadi apa yang kita cita-citakan itu dapat terwujud jika ada niat, semangat, usaha, dan doa,” kata Syamsuar.

Menurut Syamsuar, kerjasama dengan STIE Tazkia ini dapat menambah keimanan dan ketaqwaan masyarakat. Apalagi pada masa kerajaan Siak ini dahulunya juga sudah dijalankan ekonomi syariah.

“Langkah pertama akan kita siapkan 100 orsng belajar di Tazkia. Sekitar 72 dibiayai oleh Pemda, 14 orang dari Baznas Siak dan 14 orang juga dibantu Perusahaan daerah. Ada yang nanti dari kaum dhuafa yang dibantu oleh Baznas. InsyaAllah mereka akan menjadi penghafal Alquran,” sebut Syamsuar lagi.

Dalam acara yang dihadiri oleh seluruh kepala OPD Kabupaten Siak itu, Rektor STEI Tazkia, Dr Murniati Mukhlisin memaparkan secara lengkap tentang apa itu STEI Tazkia yang dipimpinnya.

“InsyaAllah di Jumat barokah ini, ukhuwah yang kita jalin antara STEI Tazkia dengan Pemkab Siak juga menjadi berkah. InsyaAllah dalam waktu dekat juga akan keluar SK Institut Ekonomi dan Bisnis Syariah Islam,” kata Murniati.

Sebelumnya, Pembina STEI Tazkia, Syafei Antonio mengatakan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia (STEI Tazkia) adalah sekolah tinggi yang memadukan disiplin ilmu ekonomi dan syariah yang berorientasi pada integritas keilmuan dan akhlaq yang mulia.

“Kita tahu bahwa di Siak ada Minas dan dulunya juga ada Duri yang merupakan penghasil migas terbesar. Harusnya Riau ini bisa lebih maju dari Singapura yang hanya memiliki pelabuhan. Untuk itu kita perlu melahirkan generasi yang akan datang dengan mempersiapkan SDM ekonomi syariah,” sebutnya.