oleh

Sambut Tahun Baru, Polresta Pekanbaru Siapkan 3 Lokasi Car Free Night

PEKANBARU – Menyambut pergantian tahun baru 2019, Satuan lalu lintas Polresta Pekanbaru akan memberlakukan  Car Free Night atau malam bebas kendaraan bermotor.

Tiga ruas jalan utama di Kota Pekanbaru Riau akan ditutup sementara pada Senin (31/12/2018) malam tepat di malam pergantian tahun karena dijadikan Car Free Night (CFN), yaitu Jalan Gajahmada, Jalan Diponegoro dan Jalan Jenderal Sudirman depan Purna MTQ.

banner 300x250

Untuk itu, pihak kepolisian dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru sudah menyiapkan jalur alternatif sebagai rute pengalihan sementara bagi kendaraan.

Kepala Satlantas Polresta Pekanbaru Kompol Rinaldo Aser kepada GoRiau, Sabtu (29/12/2018) mengatkan, penutupan ketiga ruas jalan ini diberlakukan dari pukul 20.00 WIB (31/12/2018) mendatang hingga CFN selesai digelar.

“Jalan akan mulai ditutup nanti dari jam delapan sampai selesai ” ungkap Kompol Rinaldo

Dengan ditutupnya jalan itu, rute pengalihan arus diberlakukan untuk ruas jalan disekitarnya. Selain itu puluhan polisi lalu lintas juga diturunkan ke lapangan dan di tempatkan pada tiap simpul jalan untuk mengarahkan para pengendara

Disampaikan, untuk acara CFN di Jalan Diponegoro dan Gajahmada, pengendara di Jalan Pattimura hanya bisa lurus menuju Jenderal Sudirman dan tidak bisa berbelok ke Diponegoro dekat Tugu Keris, begitu juga dari arah sebaliknya. Alternatif lain, bisa lewat Jalan Sumatera.

Begitu juga dengan pengendara di Jalan Hangtuah dekat Tugu Bambu Runcing Bundaran RSUD Arifin Achmad tidak bisa berbelok ke kiri menuji Jalan Diponegoro dan harus lurus menuju arah Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, dan jalan alternatif lain disekitarnya.

“Artinya, dari kedua sisi Jalan Diponegoro Tugu Keris dan Bundaran RSUD ditutup pada malam pergantian tahun, karena dipakai Car Free Night. Sedangkan pengendara di Jalan Jenderal Sudirman tak bisa belok kiri menuju Jalan Gajahmada, tepat di Bundaran Zapin” sebut Kompol Rinaldo

Untuk pengalihan arus lalu lintas di CFN Purna MTQ, pengendara yang mengarah ke atas Ke arah Bandara diarahkan belok kiri ke Jalan Parit Indah, terus belok kanan ke Jalan OK M Jamil dan ke luar kembali di Jalan Jenderal Sudirman.

“Yang dari arah Lintas Timur tak bisa masuk Lurus ke Jalan Parit Indah, dialihkan  ke Jalan Rawamangun dan Jalan Labersa Nanti di simpang 5 Labersa kita tutup untuk yang mengarah ke Jalan Parit Indah,” lanjut Kompol Rinaldo

Kemudian untuk pengendara dari arah bandara yang menuju ke kota, berbelok ke kiri menuju Jalan Arifin Achmad. Nanti pada putaran U Turn depan gedung PWI bisa memutar dan lurus hingga kembali ke Jalan Jenderal Sudirman

“Kami berharap masyarakat Pekanbaru dapat memahami adanya pemberlakuan malam tanpa kendaraan tersebut, dan pengalihan arus lalu lintas saat itu. Tentunya keberadaan lokasi yang dilarang  untuk kendaraan itu diharapkan bisa menjadi titik kumpul  demi kenyamanan dan kelancaran,” tutup Kompol Rinaldo.