oleh

Kehadiran Koperasi Syariah 212 di Dumai Untungkan Pedagang Kecil

Terlihat salah seorang karyawati 212 Mart tengah menyusun produk yang dijual di gerai yang terletak dijalan Dock Yard, Kota Dumai

DUMAI – Kehadiran Koperasi Syariah 212 sangat menguntungkan bagi pedagang kecil, dimana sistem pembelian dapat dibayar secara diangsur tanpa bunga.

Yudi Haidari Sitorus, seorang pedagang kecil yang baru menjadi mitra dari PT Amanah Dumai Berkah dibawah naungan Komunitas Koperasi Syariah 212 Kota Dumai, Riau mengatakan, dalam satu bulan menjadi mitra, dirinya merasa terbantu dengan sistim pembelian barang yang diberlakukan oleh koperasi syariah 212.

banner 300x250

“Barang yang dijual disini lebih murah, dan kita bisa membayar dengan cara dicicil,” katan Yudi, Rabu (16/1/2019).

Dijelaskan pria yang berjualan di Pasar Pulau Payung tersebut, dalam sistim pembayaran, pihak Komunitas KS 212 Kota Dumai juga tidak menetapkan nominal yang harus dicicil setiap dua hari sekali.

“Kita mencicil barang yang kita ambil sesuai dengan kemampuan keuangan kita tanpa adanya paksaan, sehingga kita malu kalau kita tidak membayar,” katanya.

Sebelumnya menjadi Mitra, Yudi sempat meminjam uang kepada rentenir untuk modal usaha, namun usaha yang dijalani selam tiga tahun sebelumnya tidak berkembang dikarenakan harus membayar bunga pinjaman yang besar.

“Alhamdulillah, saat ini barang yang saya jual terus bertambah, karena tidak ada memikirkan bunga, seharusnya Pemerintah Kota Dumai bisa melakukan hal yang sama untuk membantu pedagang kecil seperti saya,” katanya kembali.

Direktur operasional PT Adab, Tresno Wiguna Harahap, menjelaskan bahwa sistim Komunitas Koperasi Syariah 212 Kota Dumai bertujuan untuk mendorong ekonomi masyarakat kecil.

“Sistim yang diterapkan oleh Koperasi Syariah 212 bertujuan untuk membangkitkan ekonomi umat agar kedepan usaha yang dilakoni oleh mitra bisa maju sehingga kehidupannya menjadi sejahtera,” kata Tresno Wiguna.

Saat ini disebutkan Tresno, terdapat 41 pedagan kecil yang menjadi mitra KS 212 Dumai, dimana dalam waktu dekat pihaknya akan berupaya merangkul 200 pedagang untuk menjadi sejahtera dengan sistim syariah.

“Insyallah kita akan merangkul lebih banyak lagi mitra, karena saat ini kita masih fokus dalam pengembangan 212 Mart yang terletak di jalan Dock Yard,” katanya Mengakhiri.