oleh

Memantau dan Observasi Gerakan Pramuka di Siak Sudah Bisa dengan Sistem Online

SIAK SRI INDRAPURA – Pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Kabupaten Siak sudah mulai dilakukan via online. Tentunya untuk memantau dan observasi gerakan pramuka nanti semuanya sudah dilakukan via online. Pada tahun 2020 nanti ditargetkan semua sekolah sudah terakreditasi dengan nilai minimal B.

Hal itu dikatakan Kepala Kwartir Cabang Kabupaten Siak, Drs H Alfedri saat membuka Rapat Kerja (Raker) Gerakan Pramuka Kwartir 04 Tualang 2019 yang berlangsung di aula Serbaguna SMPN 3 Perawang, Kecamatan Tualang, Kamis (17/1/2019).

banner 300x250

“Kita berharap Raker Kwarran Tualang 2019 ini melahirkan program-program gerakan pramuka yang lebih efektif dan menarik bagi anak-anak di era zaman now ini. Kemudian juga diharapkan membaca program gerakan pramuka Kwarcab Siak sehingga terbangun sinergitas program,” kata Alfedri.

Untuk target kedepan, Alfedri menyebutkan dari Kwarcab Siak terutama untuk pelaksanaan akreditasi pada 2023 nanti Gudep bernilai B 100 persen dan bernilai A 50 persen. Pada 2017 kemarin Gudep yang terakreditasi dengan nilai B baru belasan.

“Jadikanlah Raker ini sebagai sebuah laboratorium untuk menghasilkan prodak -prodak program kepramukaan era milenial sehingga kegiatan kepramukaan  memang diminati oleh anak zaman now ini,” pesan Alfedri. 

Mengenai pelaksanaan akreditasi, Kakwarcab yang juga Wabup Siak ini menekankan agar setiap Gudep siap untuk diakreditasi, karena jika kegiatan pramuka ingin maju memang harus diakreditasi tapi tujuannya untuk mempersiapkan anak-anak sebagai anggota pramuka. Jadi akreditasi tidak hanya untuk disaat penilaian.

Diantara program kepramukaan yang akan dilakukan 2019 nanti baik oleh Kwarcab ataupun Dinas adalah lomba gugus depan unggul, festival penggalang ceria proyeksi hadapi tingkat Privinsi Riau, kursus mahir lanjutan, pengembangan pembangunan bumi perkemahan baik di kwarcab atau di Kwarran, LKPP, pemantapan LD 3 dan 4, gudep ramah lingkungan, pitaran pelatih, persiapan akreditasi perkumpulan portopolio dan lainnya.

“Silahkan sinergikan program kerja Kwarran dengan program Kwarcab Siak,” sebutnya.