oleh

Elpiji 3 Kg Meledak, Rumah di Jalan Cipta Karya Pekanbaru Hangus

Sebuah rumah terbakar di Jalan Cipta Karya ujung, Pekanbaru, Jumat (1/2) pagi. (ganda)

PEKANBARU – Sebuah rumah di Perumahan Bintungan Graha di Jalan Cipta Karya ujung, Kawasan Panam, Kelurahan Sialang, Kota Pekanbaru, Riau, hangus dilalap si jago merah, Jumat (1/2/2019) pagi.

Calvin Rawung, salah seorang warga yang menyaksikan peristiwa kebakaran tersebut, mnceritakan, api menjalar dengan cepat karena banyak bahan mudah terbakar dalam rumah yang juga kedai barang kebutuhan harian tersebut.

banner 300x250

“Saya dengar ledakan sampai beberapa kali. Tiba-tiba banyak orang lari-lari. Saya pun lihat asap hitam dari rumah itu. Banyak barang mudah terbakar dalam kedai itu. Dia juga jual minyak bensin,” kata Calvin Rawung, kepada GoRiau.com, Jumat.

Sementara Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru Ibas Sembiring, mengatakan, api diduga berasal dari elpij yang meledak dalam rumah tersebut.

“Laporan masuk ke kita pukul 10.10 WIB  Nama pemilik rumah Ibu Fitri. Informasi yang kita dapat dari anggota di lapangan, kebakaran karena elpiji meledak. Bagaimana itu bisa terjadi, kita serahkan saja pada penyidik,” ungkap Ibas saat dihubungi GoRiau.com.

Untuk memadamkan api yang menghanguskan rumah milik Fitri tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran mengerahkan 5 mobil pemadam.

Karena banyaknya musibah kebakaran akhir-akhir ini, khususnya di Kota Pekanbaru, Ibas mengimbau masyarakat selalu berhati-hati menggunakan peralatan yang digunakan.

“Mencegah terjadinya kebakaran, kita imbau warga menyiapkan 1 unit APAR (alat proteksi ringan) di rumah dan tempat usahanya. Selain itu, pakai peralatan listrik yang berstandar SNI,” lanjutnya.

Ibas juga mengingatkan, warga jangan berkerumun di lokasi kebakaran, karena akan menghambat pekerjaan petugas pemadam.

“Kalau terjadi kebakaran, masyarakat jangan bergerombol menonton. Ini kan musibah, bukan pertunjukan. Berikan ruang kepada petugas pemadam untuk bekerja,” tutup Ibas.