oleh

Pertama di Riau, Bupati Rapat dengan Camat se-Kabupaten Siak Melalui Konferensi Video

Pertama kali di Riau, Bupati Siak Syamsuar konferensi video dengan camat se-Kabupaten Siak.

SIAK SRI INDRAPURA – Komitmen Kabupaten Siak mewujudkan Smart City bukan cuma wacana saja. Terbukti dengan konferensi video (video conference) yang baru saja dilakukan Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi dengan 13 Camat se Kabupaten Siak, Rabu (6/2/2019) siang di kantor Bupati.

Rapat melalui video conference yang dilakukan Bupati Siak ini merupakan pertama di Riau. Selain dapat menghemat waktu, juga dapat menghemat anggaran belanja dimasing-masing pemerintah kecamatan.

banner 300x250

Dikatakan Bupati Siak dua periode ini, Konferensi video yang baru saja dilakukannya itu untuk mewujudkan Kabupaten Siak menuju Smart City dan hal ini bisa menjadi contoh untuk kabupaten/kota lainnya di Riau.

“Nantinya, setiap kegiatan rapat, camat tidak perlu harus datang ke Kantor Bupati Siak. Tapi menggunakan konferensi video. Ini juga mempertimbangkan kesibukan bupati, wakil bupati dan camat dalam melayani masyarakat,” kata Syamsuar usai koordinasi dengan 13 camat melalui konferensi video.

Apalagi keberadaan camat sangat penting ditengah-tengah masyarakat, lanjut Syamsuar, karena itu jika ada rapat atau pembahasan yang mendadak, camat tidak perlu hadir di Ibukota Siak untuk rapat.

“Ditambah lagi luas wilayah Kabupaten Siak yang cukup besar, menjadi suatu kendal bagi camat jika harus rapat mendadak di Kantor Bupati Siak. Karena butuh waktu yang lama bagi camat yang lokasinya jauh untuk sampai ke Kantor Bupati Siak,” ungkap Syamsuar.

Rata-rata setiap camat menyampaikan terkait infrastruktur jalan yang perlu perbaikan, baik itu jalan kabupaten, provinsi hingga nasional. Selain itu, masing-masing camat juga menyampaikan kewaspadaan terkait kebakaran hutan dan lahan.

Konferensi video dilakukan dengan menggunakan seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan. 

Konferensi video dihadiri Wakil Bupati Siak Alfedri, Sekda Siak Tengku Said Hamzah, Kepala Dinas PU Tarukim Irving, dan Kepala Dinas Infokom Arfan Usman.