oleh

Selain Jalur SNMPTN dan SBMPTN, Ini Jalur Masuk di Unri Tahun 2019

PEKANBARU – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Perguruan Tinggi Negeri saat ini telah dibuka, di Universitas Riau (Unri) ada 3 jalur dalam penerimaan peserta didik baru yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Mandiri.

Menurut Kepala Bidang Akademik Unri, Prof Dr M Nur Mustafa mengatakan dalam jalur masuk di Unri masih sama seperti dulu. Hanya saja ada beberapa perubahan dan penambahan pada jalur Mandiri.

banner 300x250

Penerimaan jalur mandiri di Unri saat ini terdiri dari, Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) dan Penelusuran Bakat dan Minat (PBM), Bina Lingkungan, Jalur Kerjasama dan ujian tulis Diploma untuk penerimaan Diploma III dan Strata 1 (S1). Ia juga menambahkan untuk tahun ini jalur Mandiri Bina Lingkungan dibuka untuk semua program studi. 

“Jika tahun lalu hanya program studi kedokteran saja yang bisa dipilih, namun untuk tahun ini jalur Bina Lingkungan terbuka untuk semua program studi,” kata Nur Mustafa di Kampus Bina Widya Unri, Kamis (07/02/2019).

Nur Mustafa juga menambahkan jika pendaftaran PBUD dan PBM melalui nilai lapor, namun untuk Mandiri dilihat dari kemampuan akademis dan ekonomi siswa. 

Selain itu, pendaftaran Jalur Mandiri Bina Lingkungan ini akan membuka pendaftaran, pengisian biodata dan nilai rapor secara online melalui laman https://bl.unri.ac.id pada tanggal 1 Maret sampai 20 Juli 2019.

Untuk jadwal pendaftaran jalur PBUD atau PBM dibuka dengan jadwal pelaksanaan registrasi sekolah dan rekomendasi siswa pada tanggal 1 Maret sampai 30 Maret 2019 dan untuk informasi dan pendaftaran bisa bisa di akses melalui laman resmi Unri yaitu https://mandiri.ac.id

Seperti yang diketahui, saat ini pendaftaran  jalur SNMPTN sedang berjalan dan  sudah berlangsung sejak tanggal 4 Februari 2019 sampai 14 Februari 2019 melalui laman https://snmptn.ac.id

Sedangkan bagi peserta yang ingin mendaftar SBMPTN wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dibuka pendaftarannya pada tanggal 1 Maret 2019 sampai 1 April 2019.