oleh

Dorong Percepatan Kepemilikan KIA, Forgemer Meranti Sosialisasi ke Sekolah-sekolah

SELATPANJANG – Dalam upaya mendorong percepatan kepemilikan KIA, Forum Genre (Forgemer) sosialisasikan ke sekolah- sekolah yang berada di Kepulauan Meranti.

Forgemer merupakan organisasi binaan Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) Kepulauan Meranti yang membantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mendorong percepatan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di daerah itu.

banner 300x250

Sosialisasi KIA yang dilaksanakan itu merupakan salah satu bentuk kontribusi Dinsos P3APPKB guna ikut mensukseskan Kepulauan Meranti menuju Kabupaten Layak Anak (KLA). Kartu KIA juga dapat dijadikan acuan untuk penerbitan KTP ketika anak mencapai usia 17 tahun.

Tujuannya dari penerbitan KIA ini untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara untuk anak-anak. Hal itu berkaitan dengan salah satu klaster sebagai salah satu syarat menuju KLA.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Evalinda SKM didampingi Kepala Seksi Ketahanan dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, Riati AMK mengatakan upaya ini dilakukan dalam rangka mendukung pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menuju Kota Layak Anak (KLA).

“Ini salah bentuk upaya dan koordinasi antar OPD dalam rangka menuju kota layak anak. Dimana percepatan kepemilikan KIA yang menjadi hak anak merupakan salah satu point penting untuk menuju KLA,” kata Evalinda.

Kepala Bidang PPKB itu juga mengatakan kegiatan sosialisasi KIA ini, Forgemer mengambil peran untuk menyebarkan atau memberikan informasi mengenai KIA tersebut dengan sasarannya yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Dia mengatakan KIA itu diterbitkan untuk mendorong peningkatan pendataan. perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak. Utamanya untuk mendukung terwujudnya Kepulauan Meranti menjadi Kabupaten Layak Anak. 

“Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu agar peserta sosialisai KIA yang dari sekolah mengetahui tata cara mengurusnya, syarat pembuatannya serta mengetahui manfaat dari KIA itu sendiri dan bisa menginformasi kan kepada orang terdekat,” kata Evalinda, Kamis (14/2/2019).

Dia menambahkan ini merupakan bentuk kontribusi aktif yang dilakukan pihaknya selama ini adalah memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat di berbagai kesempatan dengan melibatkan generasi muda.

Untuk diketahui, Forgemer memiliki tujuan meningkatkan kualitas remaja serta memberikan informasi kepada remaja mengenai Triad Genre dan Kesehatan reproduksi pada remaja.