oleh

Untuk 2020, Cerenti Usulkan Pengaspalan Jalan Sepanjang 25 Km

Bupati Mursini memukul gong tanda dibukanya Musrenbang Cerenti, Kamis (14/2/2019).

TELUKKUANTAN – Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si membuka secara resmi Musyawarah Pembangunan Kecamatan Cerenti, Kamis (14/2/2019).

Pada kesempatan ini, Camat Cerenti Yuhendra, S.Sos ketika memberikan paparan di hadapan bupati dan rombongan menyampaikan bahwa usulan Kecamatan Cerenti pada Musrenbang tahun 2020 mendatang merupakan hasil Musrenbang pada tingkat desa terbagi kedalam tiga bidang.

banner 300x250

Pertama bidang infrastruktur terdiri dari usulan perbaikan jalan kabupaten yang menghubungkan dari Desa Tanjung Medan-Kompe Berangin sepanjang 6 KM. Kemudian peningkatan jalan kabupaten dari Desa Pulau Bayur menuju Deda Pulau Jambu dan Batang Peranap sepanjang 7 KM.

Kemudian ada juga usulan pembangunan pengaspalan jalan kabupaten di Desa Pulau Jambu sepanjang 2 KM. Lanjut juga diusulkan perbaikan jalan lingkar mulai dari Desa Kompe Berangin-Kampung Baru-Kampung Baru Timur terus menuju Kelurahan Koto Peraku sepanjang 6,8 KM.

Selanjutnya juga ada usulan pengaspalan jalan kabupaten di Desa Teluk Pauh sepanjang 3,2 KM. Pembangunan turap di Kelurahan Koto Peraku sepanjang 600 Meter, turap di pasar Cerenti sepanjang 150 Meter, dan pembangunan turap di Desa Koto Cerenti sepanjang 150 Meter.

Yuhendra juga menyampaikan usulan pembangunan box culvert di Desa Pesikaian sepanjang 25 Meter. Dan usulan pembangunan jembatan gantung penghubung Desa Pulau Bayur dan Pulau Jambu sepanjang 130 Meter.

Di bidang pendidikan, kata Yuhendra Pemerintah Kecamatan Cerenti mengusulkan pembangunan pagar SMP N 3 Cerenti sepanjang 246 Meter dan pembangunan pagar SDN 010 Tanjung Medan sepanjang 240 Meter. “Di bidang pertanian kami mengusulkan pembuatan pagar BPP sepanjang 100 Meter. Di bidang kesehatan kami mengusulkan pembangunan ruang UGD, pagar puskesmas dan rumah dinas dokter dan paramedis,” terang Yuhendra.

Sedangkan untuk keperluan sarana prasara pemerintah kecamatan, pihaknya mengusulkan pembangunan gedung serbaguna dan pengadaan mobil pengangkut sampah dan kenderaan dinas kantor camat serta pengadaan tanah TPA.

Menyikapi sejumlah usulan program prioritas pembangunan Kecamatan Cerenti tahun 2020 yang disampaikan Camat Cerenti Yuhendra tadi, Bupati Kuansing Mursini meminta kepada setiap kepala OPD terkait untuk mencatat seluruh usulan yang ada sebagai pedoman penyempurnaan rencana awal RKPD dengan memperhatikan sasaran dan prioritas pembangunan tahun 2020 Pemkab Kuansing.

Apalagi, kata Bupati Mursini, penyusunan RKPD itu memerlukan koordinasi antara Bappedalitbang dengan perangkat daerah dan partisipatif aktif seluruh pemangku kepentingan melalui musrenbang baik pada tingkat desa/kelurahan, kecamatan sampai kepada kabupaten harus mengacu kepada sasaran dan prioritas pembangunan daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD.

Namun karena keterbatasan anggaran tentunya dalam melaksanakan pembangunan tidak bisa melakukan sekaligus. Mesti secara bertahap. “Misalnya pengaspalan jalan yang diusulkan panjangnya 6 KM, mungkin pada tahun ini kita baru bisa mengaspal 1 KM. Jadi harus diselesaikan secara bertahap,” terang Mursini.

Pada tahun 2019 ini, sejumlah pembangunan dilaksanakan Pemkab Kuansing di Kecamatan Cerenti. Antara lain peningkatan jalan Simpang Kompe Barangin-Kampung Baru-Ness II Cerenti, peningkatan jalan Sungai Perupuk-Teluk Pauh, membangun tribun utama gelanggang pacu jalur tepian Nyiur Melambai Cerenti, pembuatan box culvert jalan baru Sungai Perupuk dan bantuan bibit sawit.