oleh

Pengoperasian Jembatan Siak IV Masih Tunggu Sertifikat Layak dari Kementerian PU

PEKANBARU – Meski Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit) telah diresmikan pada 14 Februari lalu, hingga kini, jembatan tersebut belum bisa dilewati.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman meminta agar masyarakat sedikit bersabar. Ia mengatakan, sebelum ada laporan hasil tes uji beban, jembatan yang menghubungkan Jalan Sudirman dan Kecamatan Rumbai Pesisir ini tidak akan dibuka.

banner 300x250

” Walaupun Jembatan Siak IV kemarin sudah diresmikan, tetapi itu hanya seremonial saja. Jembatan bisa dilewati ketika sertifikat hasil uji beban keluar,” kata legislator dapil Kota Pekanbaru ini, Jumat (1/3/2019).

“Yang diuji banyak, termasuk ketahanan kabel-kabel dan bautnya. Apakah jembatan ini layak dan aman. Karena keamanan itu nomor satu. Jadi semua harus berdasarkan dokumen-dokumen yang dikeluarkan oleh Kementerian PU,” sambungnya lagi.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, hasil uji beban tersebut belum ada kepastian akan keluar. Bisa saja dalam waktu dekat ini, maupun pada pertengahan Maret mendatang.

“Biasanya satu bulan keluarnya, tetapi kalau bisa dipercepat. Dengan catatan, hasilnya benar-benar apa adanya. Dalam waktu dekat akan kita koordinasikan kepada pihak Dinas PUPR,” terangnya.