Tim Buat Embung Air di Lokasi Kebakaran Lahan di Dumai

Dumai, Riau115 Dilihat
Alat berat jenis escavator milik Pemko Dumai terlihat tengah menggali lahan gambut untuk dijadikan embung sebagai tempat resapan air untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kelurahan Ratu Sima Kecamtan Dumai Selatan

DUMAI – Satu unit alat berat dikerahkan untuk melakukan pembuatan embung air untuk mempermudah pemadaman kebakaran lahan di jalan Meranti Darat, Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan. Alat berat jenis eskavator milik Pemerintah Kota Dumai tersebut diturunkan untuk membuat embung sebagai titik air untuk pemadaman lahan yang terbakar.

“Saat ini kita membuat embung sebanyak 10 dengan jarak 100 meter untuk mempermudah pemadaman lahan yang terbakar,” kata Komandan Komando Rayon Militier (Danramil) 01 Dumai Kota, Kapten Arh Muhammad Iskandar Daulay, Sabtu (9/3/2019).

banner 300x250

Embung tersebut dikatakan Danramil Dumai Kota mempunyai kedalaman sekitar 3 meter dengan lebar 4 meter.

“Embung ini sendiri kita harapkan untuk sumber air , dimana lokasi yang terbakar mempunyai jarak yang jauh dari sumber air saat ini,” katanya.

Dalam pemamdaman lahan semak belukar tersebut , tim gabungan TNI, Polri, BPBD, Regdam dan MPA menggunakan 3 unit mesin air serta satu unit kaisar.

“Penampungan air yang kita gunakan saat ini merupakan embung yang terbuat dari terpal,” katanya mengakhiri.