oleh

Banyak Sekolah di Kepulauan Meranti Tidak Memenuhi Standar, Lima SD di Selatpanjang akan Dimerger

SELATPANJANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan melalui penataan sejumlah sekolah.

Penataan tersebut dengan melakukan merger (penggabungan) sekolah yang berlokasi di satu komplek guna meminimalisir jumlah siswa tidak sesuai dengan ruang belajar.

banner 300x250

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti, Drs H Nuriman Khair mengatakan dilakukannya merger, mengingat banyak sekolah di Kepulauan Meranti tidak memenuhi standar.

“Ada beberapa sekolah yang akan di merger, mengingat banyaknya sekolah yang tidak memenuhi standar dimana jumlah siswa dan ruang belajar tidak sesuai sehingga pustaka dan labor pun dijadikan ruang belajar. Maksimal satu lokal itu 28 siswa,” ujarnya.

Penataan ini difokuskan pada dua sekolah yang berada di satu area halaman, sekolah yang menumpang, dan gedung sekolah yang mendesak untuk diperbaiki. Selain itu merger dipandang dapat menghindari persaingan tak sehat antar sekolah yang ada dalam satu kompleks.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Syafrizal menambahkan akan menggabungkan dua sekolah yang berada di satu area halaman menjadi satu manajemen atau satu kepala sekolah. 

Ditambahkan, sekolah yang akan di merger dan dilakukan penggabungan diantaranya SD 001, 026, SD 004, 005 dan SD 006.

“Kita akan memetakan dan mensosialisasikan terlebih dahulu. Sekolah yang berdekatan itu tidak akan maksimal, selain itu biaya operasional tinggi, jadi yang berdekatan itu lebih baik digabungkan,” ungkapnya.