oleh

Antisipasi Pelanggaran Pemilu, BPP Prabowo – Sandi Riau Bentuk Posko Pengaduan

PEKANBARU – Pasca Pemilu serentak yang digelar pada Rabu (17/4/2019) lalu, Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo – Sandi Provinsi Riau akhirnya membuka posko pengaduan bagi masyarakat yang menemukan adanya indikasi kecurangan dan pelanggaran Pilpres.

Direktorat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Said Bakri mengatakan, bahwa posko pengaduan ini bertujuan untuk mengawal suara capres cawapres nomor urut 02 tersebut.

banner 300x250

Dengan dibentuknya posko ini, ia berharap agar masyarakat dapat dengan mudah mengadukan kecurangan dan pelanggaran yang terjadi, sehingga bisa diproses secara hukum.

“Dengan pembentukan posko ini, kami harapkan jajaran kita mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan menjaga solidaritas untuk kepentingan bersama. Kami dari Direktorat Advokasi Hukum BPN juga berharap masyarakat dapat mengadukan pelanggaran dan kecurangan dari penyelenggara Pemilu ke posko ini,” kata Said Bakri di Pekanbaru, Jumat (26/4/2019).

Meskipun posko pengaduan baru dibentuk, Said menegaskan bahwa bukan berarti selama ini tidak dilakukan pengawalan suara. Posko pengaduan ini, lanjutnya, hanya bentuk manajemen kekuatan seluruh relawan dan masyarakat pendukung 02 agar lebih solid.

“Jadi bukan karena kunjungan koalisi, sebenarnya pengawalan ini sudah jauh-jauh hari dilakukan. Bahkan sebelum pencoblosan, posko ini dibentuk sebagai himpunan kekuatan dan langkah antisipasi apabila terjadi sengketa Pemilu,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua BPP Riau, Hardianto menuturkan, posko pengaduan ini merupakan instruksi langsung dari BPN, dan diterapkan di seluruh provinsi di Indonesia.

“Posko ini ialah salah satu terobosan BPN adalah posko pengaduan ini. Jadi ketika terjadi kecurangan, dan ada bukti maka tim advokasi ini akan mendampingi,” jelas mantan calon wakil gubernur Riau ini.

Di tempat yang sama, Sekretaris BPP Prabowo-Sandi Riau, Zulmizan Assegaf menegaskan bahwa posko pengaduan ini hanya diperuntukkan bagi pelanggaran dan kecurangan Pilpres saja.

“Untuk Pilpres saja, kalau Pileg itu urusan partai masing-masing. Bagi yang ingin mengadukan silahkan hubungi 082172339933,” tandasnya.