oleh

KPPI Riau Ajak Masyarakat Kawal Penghitungan Suara

PEKANBARU – Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Riau, mengajak masyarakat untuk mengawal proses penghitungan suara hasil Pemilu 2019. Hal ini bertujuan agar proses demokrasi lima tahunan ini berjalan jujur dan adil.

“Kita meminta masyarakat untuk turut mengawal agar proses penghitungan suara betul-betul berjalan lancar. Sehingga hasil yang ditetapkan pun nyata,” ujar Ketua KPPI Riau, Ade Hartati Rahmat di Pekanbaru, Kamis (25/4/2019).

banner 300x250

Selain mengawal penghitungan suara, anggota Komisi V DPRD Riau ini mengaku, bahwa KPPI juga berkomitmen untuk menjaga hasil suara agar tidak berpindah baik dari caleg ke caleg maupun antar partai.

“Kecurangan seperti ini kan pernah terjadi pada Pemilu sebelumnya. Makanya kita komitmen untuk mengawal agar hal seperti ini tidak terjadi lagi,” jelasnya.

“Memang belum ada bukti pemindahan suara atau kecurangan penghitungan suara untuk saat ini. Karena itu kita harapkan agar kondisi ini terus terjaga, tidak hanya saat pencoblosan tetapi juga penghitungan suara,” sambung politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini lagi.

Sementara itu, Ketua Bidang Advokasi KPPI, Rahmawati menjelaskan, bahwa KPPI juga memberikan pendampingan serta siap membantu jika terdapat indikasi kecurangan dalam proses penghitungan suara.

“Kalau ada kecurangan suara politisi perempuan setelah 3 kali 24 jam, bisa diproses dan kita siap membantu,” tukasnya.