oleh

Tahun Ini, Pemprov Riau akan Beri Bantuan 350 Ekor Sapi

PEKANBARU – Tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan memberikan bantuan sapi sebanyak 350 ekor, senilai Rp4,857 miliar dari APBD Riau 2019.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Herman mengatakan, bahwa pengadaan bantuan sapi tersebut dibagi pada dua bidang yang berbeda, yakni bidang produksi peternakan dan bidang agribisnis peternakan. Di mana, bantuan sapi tersebut nantinya akan didistribusikan kepada 44 kelompok masyarakat se-Riau.

banner 300x250

“Saat ini pengadaan sapi sedang proses lelang dan kami tinggal menunggu pengumuman lelang. Mungkin akhir bulan April ini sudah keluar,” kata Herman di Pekanbaru, Senin (29/4/2019).

Ia merincikan, bahwa pada bidang produksi peternakan terdapat 165 ekor dengan jumlah penerima 16 kelompok masyarakat.

“Di bidang ini, kami distribusikan di dua daerah, Kuansing satu kelompok 10 ekor sapi dan Inhil 15 kelompok dengan banyak bantuan 155 ekor sapi. Dengan total anggaran sebesar Rp2.213.700.000,” terangnya.

Sedangkan, untuk bidang agribisnis peternakan terdapat dua kegiatan, pertama pengembangan kawasan pantai di tiga daerah, Kuansing, Inhu dan Pelalawan. Dengan total bantuan 90 ekor sapi dengan jumlah penerima sembilan kelompok masyarakat.

“Kemudian di kegiatan pengembangan agribisnis peternakan bantuan didistribusikan di lima daerah, diantaranya Inhu, Siak, Kampar, Rohul dan Rohil. Total bantuan 95 ekor sapi, dengan penerima 19 kelompok masyarakat,” tandasnya.