oleh

Tak Dapat Memilih, Ratusan Mahasiswa Unri ‘Geruduk’ Gedung KPU Riau

PEKANBARU – Ratusan mahasiswa Universitas Riau (Unri) menggelar aksi di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau. Mereka menggeruduk kantor penyelenggara Pemilu itu karena kecewa dengan banyak persoalan selama Pemilu 2019.

Mereka menuntut KPU untuk segera menyampaikan segala persoalan yang terjadi pada pemilihan umum (Pemilu) serentak (17/4/2019) lalu kepada publik.

banner 300x250

Salah seorang anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unri, Hafiz Ona mengatak, mereka sangat menyayangkan pesta demokrasi 2019 ini, dikarenakan banyak dari mahasiswa yang telah mengurus formulir A5 tidak dapat menggunakan hak suaranya. 

“Pada saat pemilu, teman-teman yang membawa KTP dan formulir A5, justru di oper kesana kemari untuk mencari surat suara, sampai batas waktu terakhir pemilihan, mereka pun tidak bisa memilih,” kata Hafiz di KPU Riau, Senin (29/4/2019).

Padahal jumlah mahasiswa Unri yang mengurus formulir A5 bertotalkan 800 orang. Namun, dari awal yang diakomodir oleh Tempat Pemungutan Suara (TPS)  adalah mereka yang terdaftar di DPT setempat dan untuk Pungutan Suara Ulang (PSU) yang belum bisa memilih karena surat suara habis. 

Mereka meminta kejelasan KPU provinsi, untuk mendesak KPU RI agar mengklarifikasi persoalan yang terjadi di masyarakat satu persatu, sehingga publik dapat mengetahui mana yang hoax dan yang tidak. 

Tidak hanya itu, mereka juga meminta jawaban atas pertanyaan masyarakat terkait habisnya surat suara saat pemilu. Saat berita ini diturunkan aksi unjuk rasa masih berlangsung.