oleh

H-1 Jelang Ramadan, Bawang Putih Langka di Kuansing, Harganya Capai Rp100 Ribu per Kg Membuat Emak-emak ‘Menjerit’

TELUKKUANTAN – Jelang Ramadan, masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Riau ‘menjerit’ karena mahalnya bawang putih. Bahkan, harganya hampir menyamai 1 Kg daging.

Seperti di Pasar Rakyat Telukkuantan, harga bawang putih dengan kualitas bagus mencapai Rp100 ribu per Kg-nya. Paling murah, harganya Rp80 ribu per Kg.

banner 300x250

“Kalau Rp80 ribu per Kg, itu yang tidak bagus,” ujar Nurul, seorang ibu rumah tangga yang berbelanja di Pasar Rakyat, Ahad (5/5/2019) pagi.

Untuk daging, para pedagang menjual dengan harga Rp150 ribu per Kg. Sementara, bahan pokok lainnya seperti cabai merah dan bawang merah tetap normal.

Mahalnya harga bawang putih diakui oleh Azhar, Kepala Diskopdagrin UKM Kuansing. Menurutnya, melonjaknya harga bawang putih tidak hanya terjadi di Kuansing, tapi juga di seluruh kabupaten kota di Riau.

“Pasokan bawang putih dari luar berkurang dari biasanya, sehingga sulit didapat oleh pedagang. Akibatnya, harga pun melonjak,” ujar Azhar.

Diskopdagrin UKM Kuansing telah berkoordinasi dengan Dinas Koperasi UKM Perdagangan Riau menyangkut tingginya harga bawang putih.

“Besok akan kita surati secara resmi dan provinsi yang akan meneruskan ke pusat. Semoga pemerintah pusat memberikan solusi secepatnya,” pungkas Azhar.