oleh

Pantau Progres Smart City, Pemkab Siak Lakukan Monitoring dan Evaluasi

SIAK SRI INDRAPURA –  Pemerintah Kabupaten  Siak melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Monitoring dan Evaluasi Program Smart City Tahap I Tahun 2019 bersama OPD terkait, di Kantor Bupati Siak Kamis pagi (2/5/2019).

Dalam Monitoring dan Evaluasi Implementasi Program Smart City tahap I 2019 itu, narasumber kegiatan yang diundang akan ikut serta memberikan masukan dalam pelaksanaan evaluasi program smart city yang sudah berjalan di Kabupaten Siak. 

banner 300x250

Panitia pelaksana kegiatan juga mengundang Pimpinan PT Lintas Arta, Perwakilan PT Telkom Cabang Pekanbaru, serta Direktur SPE Siak memaparkan persentasi terkait pada para peserta acara.

Asisten Admintrasi Umum Kabupaten Siak Jamaluddin dalam arahannya mengatakan, Pelaksanaan Program Smart City di Siak sudah dimulai pada Tahun 2018 lalu dengan Dinas Kominfo Siak selaku leading sector di Kabupaten Siak. 

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Siak, masing-masing OPD wajib mengkoordinasikan setiap inovasi aplikasi yang hasilkan melalui Dinas Kominfo.  

“Alhamdulillah pelaksanaan Smart City sudah berjalan, saat ini di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) sudah mulai menerapkan aplikasi pelayanan untuk mempermudah masyarakat baik untuk kepengurusan maupun mendapatkan informasi, seperti halnya e-pesona siak miliki Dinas Pariwisata,” ungkapnya.

Dari aplikasi itu kata dia, masyarakat bisa mendapatkan seputar informasi kepariwisataan Kabupaten Siak. Karena berbagai fasilitas pencarian seperti layanan akomodasi, hotel, kuliner, transportasi, souvenir serta destinasi wisata lain di luar kota Siak tersedia dalam aplikasi.

“Kita harapkan aplikasi ini dapat terus dikembangkan dan disosiliasiasikan agar masyarakat dan wisatawan dapat memanfaatkannya,” kata Jamal.

Tak hanya Dinas Pariwisata, OPD lain kata Jamal juga telah memiliki beberapa aplikasi seperti e-plening dan e-budgeting yang dimiliki Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Siak.