Kota Pekanbaru Rawan Banjir, Indra Pomi: Banyak Drainase yang Tersumbat

Pekanbaru, Riau28 Dilihat

PEKANBARU – Permasalahan banjir di Kota Pekanbaru, setiap kali hujan deras mengguyur belum juga terselesaikan. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi menjelaskan, hal ini disebabkan karena adanya sumbatan pada drainase, baik yang diakibatkan kerusakan struktur, maupun tingginya endapan sedimen disalurannya.

“Misalnya seperti di Jalan Garuda Sakti, drainase disini tidak berfungsi dengan baik karena adanya sumbatan. Sumbatan itu disebabkan karena memang strukturnya rusak, ataupun tingginya sedimen di drainase,” jelas Indra, Selasa, (18/6/2019).

banner 300x250

Selain itu, banyaknya bangunan yang didirikan oleh masyarakat di pinggiran jalan seringkali menutup saluran drainase. Hal ini tentu menyebabkan aliran air tidak dapat berjalan lancar dan menyebabkan banjir saat hujan turun.

Oleh karena itu, Indra Pomi menegaskan pihaknya akan berupaya untuk menormalisasi saluran drainase yang ada di Kota Pekanbaru secara menyeluruh. Pihaknya juga bekerjasama dengan Satpol PP Pekanbaru untuk menertibkan bangunan – bangunan masyarakat yang didirikan di pinggir jalan dan menyumbat drainase tersebut.

“Kita sedang mengupayakan untuk memperbaiki seluruh drainase di kiri dan kanan jalan. Dibeberapa ruas jalan, kita juga bekerjasama dengan Satpol PP, memberikan peringatan kepada pemilik bangunan yang menyumbat drainase,” jelasnya.

“Kita beri surat teguran, dan apabila tenggat waktu dalam surat tersebut habis, maka kita akan bongkar sendiri bangunannya,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Indra Pomi juga menyatakan bahwa pihaknya telah meminta Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Kecamatan Tampan Pekanbaru, untuk bekerjasama dengan melakukan normalisasi anak – anak sungai dan drainase di wilayahnya.

“Karena Kampar inikan berbatasan langsung dengan Pekanbaru, kita juga sudah mengajak mereka untuk melakukan normalisasi anak – anak sungai di Kabupaten Kampar. Kemudian kita juga minta mereka menata kembali drainase di perumahan yang berada di sepanjang perbatasan,” urainya.

Sementara itu, Indra Pomi juga mengharapkan agar masyarakat dapat bekerja sama demi meningkatkan efektivitas upaya pemerintah.

“Kita minta juga kepada masyarakat dalam hal ini agar bekerja sama dengan pemerintah. Misalnya mengingatkan satu sama lain, agar tidak mendirikan bangunan yang dapat menyumbat drainase,” pungkasnya.