oleh

Mengabdi di Kuansing, Mahasiswa Unri Bangun Pariwisata dengan Pokdarwis

TELUKKUANTAN – Desa Pangkalan Indarung yang terletak di Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau memiliki alam yang sangat indah. Namun, potensi pariwisata di Pangkalan Indarung masih belum terkelola secara maksimal.

Melihat hal itu, mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang sedang melakukan pengabdian program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

banner 300x250

Dibawah bimbingan Dr. Ir Eni Sumiarsih, mahasiswa Unri telah melakukan sosialisasi kepada para pemuda Pangkalan Indarung. Pemerintah desa pun langsung merespons positif kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, pemerintah desa langsung membentuk Pokdarwis. Kepala desa langsung meng-SK-kan mereka,” ujar Eni Sumiarsih, dosen pembimbing Kukerta Unri di Pangkalan Indarung, Ahad (28/7/2019).

Dikatakan Eni, sektor pariwisata merupakan sektor primadona dengan adanya Pokdarwis. Pokdarwis merupakan pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan penggerak untuk mengembangkan pariwisata di desanya dan dapat mewujudkan Sapta Pesona.

“Pariwisata ini juga membuka peluang pekerjaan, peluang ekonomi dan pada akhirnya dapat mengentaskan kemiskinan,” ujar Eni.

Terlebih, Desa Pangkalan Indarung merupakan ‘surga’ tersembunyi di Kuansing yang memiliki sejuta keindahan. Desa ini memiliki banyak air terjun dan lubuk larangan yang ikannya hanya dipanen sekali setahun.

“Jadi, kita berharap Pokdarwis ini menjadi penggerak pariwisata di Pangkalan Indarung dan Unri siap membantu,” pungkas Eni.