oleh

Distakan Tidak Menemukan Penyakit pada 2.563 Ekor Sapi dan 1.071 Kambing yang Diperiksa

PEKANBARU  – Dinas Pertanian dan Perikanan (Distakan) Kota Pekanbaru, telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang akan disembelih di hari raya Idul Adha nanti.

Kepala Seksi kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (Distakan) drh. Rita Setiawati, menyebutkan sebanyak 2.563 ekor sapi dan 1.071 ekor kambing se Kota Pekanbaru yang diperiksa, tidak ditemukan penyakit pada hewan-hewan tersebut.

banner 300x250

“Penyakit kita tidak ada menemukan, dari minggu lalu sampai sekarang, rata-rata sudah cukup umur, kalau kerbau tidak ada ditemukan selama pemeriksaan,” kata Rita di Pekanbaru, Jum’at (9/8/2019).

Dikatakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban telah dilakukan sejak 31 Juli lalu yang meliputi Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir, Tenayan Raya, Payung Sekaki, Marpoyan Damai dan Bukit Raya.

Adapun tujuan pemeriksaan dilakukan oleh Distakan guna mengetahui kesehatan hewan serta umur hewan yang cukup sebelum dikurbankan.

Pemeriksaan hewan kurban ini meliputi pemeriksaan gigi untuk melihat umur hewan , kemudian pemeriksaan cermin hidung untuk mengetahui apakah hewan dalam kondisi sehat atau tidak serta performa hewan.

Rita mengatakan, kemarin merupakan pemeriksaan terakhir yang dilakukan oleh Distakan di jalan Soekarno-Hatta dengan memeriksa 63 ekor.

Dan hari ini hingga hari minggu, pihaknya akan standbye di dinas Distakan, untuk melayani masyarakat yang membutuhkam surat perizinan potong kurban yang nantinya dibawa ke masjid-masjid saat mengantarkan hewan.

“Kalau ada masyarakat yang butuh surat, kami standbye di dinas, dan surat itu di perloleh gratis tanpa bayaran,” ujarnya.