oleh

Kebakaran di Kampar Meluas, Lahan Terbakar di Riau Jadi 4.740 Ha

PEKANBARU – Kebakaran hutan dan lahan semakin meluas, terbanyak di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Selain itu, kebakaran lahan juga terjadi di Bengkalis, Rokan Hilir dan Siak.

“Empat kabupaten masih terjadi kebakaran lahan, sehingga luas lahan yang terbakar sejak awal Januari 2019 hingga hari ini mencapai 4.740 hektare,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau Edwar Sanger kepada GoRiau.com, Jumat (9/8).

Edwar menjelaskan, sejumlah lahan yang baru terjadi pada Kamis (8/8) kemarin kebakaran itu terbanyak di Desa Rimbo Panjang Kabupaten Kampar. Yaitu meliputi, Jalan Perwira, Desa Rimbo Panjang, seluas 0,5 ha, Jalan Akasia, seluas 0,5 ha, Jalan Marwah juga 0,5 ha. Serta di Jalan Perumahan Marwah 0,5 ha.

Selain di sana, lahan yang terbakar lainnya di Kabupaten Kampar terjadi di Jalan Bendungan, Desa Kuala Nenas seluas 0,5 ha, di Lapangan Tembak 132 Bima Sakti, Desa Salo, Kecamatan Siak Hulu, seluas 1,5 ha.

“Serta bertambahnya lahan terbakar di Desa Buluh Nipis yang berbatasan dengan Desa Pangkalan Baru, Siak Hulu 7 ha. Di Jalan Uka Desa Karya Indah Kecamatan Tapung, Kampar seluas 0,5 ha,” jelas Edwar.

Selain itu, kebakaran lahan juga terjadi di Jalan Bunga Tanjung Kelurahan Ratu Sima, Kota Dumai seluas 2 ha, namun api sudah dipadamkan petugas kepolisian dengan cepat. Jalan M Yusuf Kelurahan Teluk Makmur Kota Dumai seluas 1 ha, api juga sudah padam.

Sementara di Jalan Air Hitam Kelurahan Bandar Raya, Kota Pekanbaru meluas 2 ha, api belum berhasil dijinakkan.

Untuk di Kabupaten Siak, kebakaran masih terus terjadi sejak beberapa hari lalu hingga saat ini. Yaitu di Kampung Benayah Kecamatan Pusako, seluas 1 ha. Kampung Buantan Besar Kecamatan Siak seluas 10 ha. Kebakaran di Siak membuat kabut asap berhembus hingga ke Pekanbaru.

Sedangkan di Kabupaten Bengkalis lahan terbakar semakin meluas di Desa Pasiran Kecamatan Bantan hingga 2 ha. Jalan Belakang Tenggi Hitam, Desa Buluh Manis, juga meluas 3 ha.

Sementara di Indragiri Hulu, kebakaran lahan terjadi di Desa Pulau seluas 8 ha. Di Parit Bunga Padi Desa Pengalehan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir seluas 10 ha.

Untuk di Kabupaten Rokan Hilir, kebakaran lahan masih terjadi, yaitu di Bagan Cempedak Kecamatan Rantonkopar seluas 2 ha. Di Dusun Suka Rukun Kepenghuluan Bukit Damar Kecamatan Simpang Kanan seluas 2 ha.

“Rekapitulasi luasan lahan terbakar sejak awal Januari 2019 di masing-masing kabupaten yaitu, Rokan Hulu 2,25 ha. Rokan Hilir 981,95 ha. Dumai 307,75 ha, serta paling luas dan terparah di Bengkalis mencapai 1.524 ha. Kepulauan Meranti 252,7 ha, Siak 602,4 ha, Pekanbaru 93,71 ha, Kampar 129,28 ha. Pelalawan 201 ha, Indragiri Hulu 114 ha, Indragiri Hilir 525,85 ha, serta Kuansing 5,1 ha,” tandasnya. (gs1)