oleh

Juara 1 Penghargaan Subroto 2019, Dinas ESDM Riau Jadi Percontohan Nasional Penghematan Energi di Instansi Pemerintah

PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meraih juara 1 Pengharagaan Subroto 2019 bidang Efisiensi Energi Nasional kategori Penghematan Energi di Instansi Pemerintah Daerah. Sehingga, Dinas ESDM Riau dijadikan percontohan nasional sebagai instansi pemerintah yang berhasil melakukan penghematan energi.

Tahun lalu, dikatakan Kepala Dinas ESDM Riau, Indra Agus Lukman AP MSi kepada GoRiau.com, Sabtu (28/9/2019), bahwa Pemerintah Provinsi Riau juara 2. Tahun ini peningkatan prestasi, berpengaruh pada arahan Gubernur Riau Syamsuar, yang menekankan dilakukannya penghematan energi listrik.

banner 300x250

“Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi merupakan apresiasi kepada para pengguna energi, baik pemerintah maupun swasta yang telah berhasil menerapkan upaya-upaya konservasi energi di lingkungan masing-masing. Serta mendorong seluruh pengguna energi untuk melakukan konservasi energi,” kata Indra.

Penghargaan Subroto bidang Efisiensi Energi Nasional juga diinspirasi oleh kegiatan ASEAN Energi Award yang pelaksanaannya sudah berlangsung sejak tahun 2000, dikatakan Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan. ASEAN Energy Award merupakan kegiatan tahunan regional ASEAN yang diselenggarakan oleh ASEAN Center for Energy (ACE) dalam rangka mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan, serta penerapan efisiensi dan konservasi energi di regional ASEAN.

“Indonesia selalu aktif mengirimkan nominasi pada ajang ASEAN Energi Award tersebut. Untuk mempermudah penjaringan peserta, maka ditingkat nasional juga diselenggarakan kompetisi efisiensi energi dengan kategori dan kriterianya, yang mengadopsi kategori dan kriteria ASEAN Energy Award,” ujar Jonan.

Dengan menambahkan kategori yang dikhususkan kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah provinsi dalam rangka implementasi penghematan energi dan air sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 13 Tahun 2011, tentang Penghematan Energi dan Air sesuai aturan yang telah diatur dalam Inpres tersebut.

“Dinas ESDM Pemprov Riau meraih juara 1 Penghargaan Subroto 2019 bidang Efisiensi Energi Nasional kategori Penghematan Energi di Instansi Pemerintah Daerah, dengan menyisihkan pesaing lainnya di tingkat nasional. Hal ini merupakan peningkatan prestasi dari tahun sebelumnya Provinsi Riau hanya meraih juara 2,” terang Jonan.

Terpisah, Gubernur Riau, Syamsuar sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih Dinas ESDM Riau di tingkat nasional. Hal ini sejalan dengan visi dan misi membuat Riau Hijau. “Salah satu upaya kita dalam menjalankan program Riau Hijau, dengan melakukan penghematan listrik dilingkup Pemprov Riau,” jelas Syamsuar.