oleh

Gandeng BKPRMI, Ery Gading Taja Festival Kompang dan Hadrah

SELATPANJANG – Bakal Calon (Bacalon) Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Hery Saputra SH berencana akan menggelar festival kompang dan hadrah bagi seluruh remaja. Acara dijadwalkan berlangsung pada April mendatang.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan bekerjasama dengan pihak Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Kepulauan Meranti. “Festival ini akan dikemas melalui kegiatan jambore. Direncanakan pada tanggal 13 hingga 15 April 2020. Lokasinya di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti,” ujarnya Sabtu (14/3/2020).

banner 300x250

Pria yang akrab disapa Ery Gading itu berharap, setiap desa agar dapat berpartisipasi dengan mengirimkan peserta terbaik didaerahnya. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh kepala desa (kades) di Kepulauan Meranti untuk mulai mencari remaja-remaja yang dinilai berkompeten dalam hal itu. Bibit-bibit handal harus dicari dan dibina mulai dari sekarang untuk masa yang akan datang.

“Kemudian, untuk tempat pelaksanaan kegiatan, sengaja dipilih di halaman kantor bupati karena menimbang berbagai hal. Termasuk kemungkinan kendala cuaca kurang bagus pada malam hari, sehingga nantinya para peserta bisa dievakuasi ke Kantor Bupati atau ke Gedung LAMR,” tuturnya.

“Pertimbangan lain yakni adanya sarana rumah ibadah, karena seperti yang kita ketahui di belakang Kantor Bupati terdapat satu Mushalla yang bisa menampung sekitar 150 jamaah,” tambah Erga.

Ia mengaku tidak ingin anak-anak yang ikut jambore itu mendapat hal-hal yang kurang baik. Misalnya tidur ditempat atau lokasi yang tidak layak, sehingga bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Sementara itu, Ketua BKPRMI, Rayan Pribadi SH menjelaskan, syarat bagi peserta festival usia maksimal 30 tahun, bisa membaca Al-Qur’an, fasih dalam melakukan kajian-kajian Al-Qur’an dan mempunyai keahlian khusus lainnya. “Bersama kita sukseskan festival ini. Bagi adik-adik yang suka main kompang dan hadrah agar dapat mempersiapkan diri dari sekarang. Karena ini akan menjadi raihan prestasi dimasa sekarang maupun yang akan datang,” ungkap Rayan, yang juga selaku Camat Tebingtinggi. (rls)