oleh

Hingga 15 Maret, 9 Pasien Suspect Corona di Riau Telah Dinyatakan Negatif

PEKANBARU – Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, bahwa hingga per tanggal 15 Maret 2020, totalnya sudah sembilan orang pasien suspect atau diduga mengalami gejala virus corona (Covid-19) di Riau yang telah dinyatakan negatif virus Covid-19 tersebut.

“Per tanggal 15 Maret 2020, ada sebelas pasien suspect yang sudah ditangani oleh teman-teman di empat rumah sakit yang ada di Riau ini. Alhamdulillah, sembilan pasien sudah dinyatakan negatif,” kata Mimi di Pekanbaru, Senin (16/3/2020).

banner 300x250

Sedangkan, dua pasien suspect lagi yang masih dirawat sekarang tinggal menunggu hasil, sebab sampel swab mereka telah dikirimkan ke Litbangkes, Jakarta.

“Yang dua pasien lagi tinggal menunggu hasil,” ujarnya.

Mimi menambahkan, bahwa Gubernur Riau Syamsuar juga telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) terkait penambahan rumah sakit rujukan dan ruang isolasi baru di masing-masing daerah.

“Pak Gubernur sudah mengeluarkan SK untuk Rumah Sakit di luar dari tiga rumah sakit itu (RSUD Arifin Achmad, RS Puri Husada Tembilahan, RSUD Dumai) untuk menjadi rumah sakit rujukan di daerah masing-masing,” kata Mimi.

Karenanya, ia mengimbau kepada semua kepala dinas kesehatan kabupaten/kota agar bisa segera menyiapkan rumah sakit rujukan rujukan di daerah masing-masing untuk mempersiapkan ruangan isolasi dalam penanganan Covid-19.

“Sehingga tidak semua dirujuk di RSUD Arifin Achamd. Ini juga karena keterbatasan ruangan isolasi yang ada di di sana,” tukasnya.