oleh

Baznas Rohil Segera Salurkan Bantuan kepada Mustahiq Terdampak Covid-19

BAGANSIAPIAPI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Rokan Hilir (Rohil) Riau, dalam waktu dekat meluncurkan paket bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19. Saat ini, Baznas masih berkoordinasi dengan Pemkab Rohil dan instansi terkait untuk teknis penyaluran.

Ketua Baznas Rohil H Baharudin, Senin (13/4/2020) di ruang kerjanya menyebutkan, tetap berkoordinasi dengan Pemkab dan instansi terkait lainya. “Baznas tetap berkoordinasi meminta arahan dan petunjuk Pak Bupati H Suyatno, Dinas Sosial, Disperindag, Dinas Perikanan dan pihak kecamatan,” ujar Ustaz Baharudin.

banner 300x250

“Penyalurannya nanti serentak dengan penyaluran bantuan dinas sosial, paling lama seminggu menjelang Ramadhan terealisasi,” sebut Baharudin di kantor Baznas di Jalan Pahlawan Bagansiapiapi.

Menurut Baharudin, data terkumpul hingga Senin (13/4/2020) untuk masyarakat umum 3.000 KK, melalui profosal permohonan bantuan terdata 1.200 KK, lalu ada data dari setiap dinas, totalnya 5.200 paket bantuan untuk mustahiq.

Sedangkan untuk penerima bantuan di 18 Kecamatan, Baznas Rohil mengucurkan paket bantuan Rp50 juta untuk setiap kecamatan. “Untuk setiap kecamatan Rp50 juta, dan ada 18 kecamatan. Jadi pihak kecamatan mempersiapkan paket sembako untuk 170 KK di daerahnya,” tambahnya.

Sedangkan isi paket bantuan, nantinya berupa beras, gula, minyak goreng, telor, mie instant. Sedangkan untuk kevalidan data penerima, Baznas yakin benar karena pendataan melihatkan seluruh RT, kepenghuluan dan kecamatan. “Tapi kalau ada yang ketinggalan, akan perbaiki,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Rohil H Suyatno mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan seluruh camat, penghulu untuk mendata seluruh masyarakat terdampak Covid-19 dengan melibatkan ketua RT. “Saya sudah meminta camat, lurah dan penghulu mendata warga, data itu secepatnya dilaporkan untuk mendapatkan bantuan,” ucap Suyatno.

“Waktunya serentak dengan penyaluran bantuan dari Dinas Sosial dan Baznas agar terintegritas,” tegas bupati usai rapat koordinasi beberapa hari lalu kepada wartawan.