oleh

Dua Hari Jelang Lebaran, Toko-toko di Bagansiapiapi Penuh Sesak Dipadati Pembeli

BAGANSIAPIAPI – Dua hari jelang Idul Fitri 1441 Hijriah, Kamis (21/5/2020), toko-toko dan pusat perbelanjaan di Kota Bagansiapiapi Rokan Hilir Riau dipadati pembeli yang berdatangan dari luar kota seperti Pekaitan, Sinaboi dan Batu Hampar.

Sejak pagi hingga menjelang berbuka puasa bahkan sampai jam 20.00 Wib, Jalan Merdeka, Perdagangan, Kelenteng, Sentosa macet oleh pedagang berjualan di kiri dan kanan jalan.

Pasar Pekan Rakyat Labuhan Tangga Besar 10 KM dari Kota Bagansiapiapi yang biasanya dibuka setiap hari Minggu kini dimajukan ke hari Jumat (22/5/2020).

Kamis (21/5/2020) Pasar Pelita, deretan Jalan Merdeka Perdagangan sesak dan macet oleh pengunjung datang dari luar Bagansiapiapi untuk membeli keperluan menyambut hari raya.

“Saya dari kampung datang ke Bagan untuk berbelanja keperluan pakaian anak, untuk kebutuhan rumah tangga,” ucap Syamsudin (43), warga Pekaitan saat berbincang dengan awak media.

Di setiap pusat perbelanjaan dan toko-toko tampak menyediakan tong air untuk cuci tangan pengunjung. “Kami ikut protokol kesehatan, himbauan pemerintah, calon pembeli sebelum masuk toko harus cuci tangan dulu,” aku Rudi, pemilik toko pakaian di Jalan Merdeka.

Sementara itu di pintu masuk menuju Kota Bagansiapiapi tepatnya Bundaran Pedamaran Posko Tim Gugus Tugas Covid 19 melakukan cek terhadap kenderaan yang masuk untuk rapid tes suhu tubuh. “Setiap kenderaan yang masuk, orangnya dicek suhu tubuhnya,” ucap Bribka Azmir.

“Dengan rapid tes dapat mengetahui indentitas dan data warga yang datang dari luar untuk menekan pandemi Covid-19 karena Rohil merupakan daerah hijau,” ucap petugas kesehatan didampingi tim TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub yang melayani setiap warga untuk rapid test.