oleh

Awasi PSBB, Tim GTP Covid-19 Riau Tinjau di Perbatasan Provinsi

PEKANBARU – Tim Gugus Tugas Penanganan (GTP) Covid-19 Provinsi Riau meninjau posko pengawasan Covid-19 di dua perbatasan, yaitu perbatasan Provinsi Riau dengan Sumatera Barat (Sumbar) dan perbatasan Provinsi Riau dengan Sumatera Utara (Sumut), Kamis (21/05/2020).

Dalam peninjauan ini, adapun Tim GTP Covid-19 yang ikut hadir, Sekretaris Tim GTP Covid-19 Provinsi Riau Syahrial Abdi, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) M Taufiq OH, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Zainal Z.

Sekretaris Tim GTP Covid-19 Riau, Syahrial Abdi mengatakan bahwa semenjak Provinsi Riau menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tampak terjadi penurunan masuknya moda transportasi, terutama di perbatasan Provinsi Riau dengan Sumbar.

“Semenjak Riau memberlakukan PSBB, kita lihat banyak terjadi perbedaannya. Terutama Sumbar yang juga menerapkan PSBB, sehingga Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan oleh pemerintah pasti diberlakukan di posko pengawasan Covid-19 dengan sangat tertib,” ungkapnya.

Namun, saat meninjau diperbatasan Riau dengan Sumut, Syahrial mengatakan, terjadi kesulitan dalam menerapkan SOP tersebut. Hal ini berdasarkan dari keterangan petugas pengawasan posko Covid-19 yang mengatakan adanya moda transportasi yang masuk ke Riau dengan membawa penumpang.

“Meskipun kita telah menerapkan PSBB, namun jika tempat asalnya (red-Provinsi Sumut) tidak melakukan, inilah yang menjadi kesulitan. Inilah yang terjadi saat ini, ternyata sangat mudah moda transportasi yang keluar dari Sumut dan masuk ke Riau, sehingga kita tegaskan kepada yang bersangkutan untuk kembali ke tempat asalnya,” tutupnya. (mcr)