oleh

Lomba Video Inovasi New Normal Tingkat Nasional, Bupati Inhil Seleksi 7 Video Terbaik

TEMBILAHAN – Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan melakukan seleksi terhadap 7 (tujuh) buah video yang bakal berlomba dalam ajang Lomba Inovasi New Normal di tingkat Nasional. 7 video tersebut berasal organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Untuk diketahui, lomba Inovasi Tatanan New Normal diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Lomba yang akan mengikutsertakan seluruh Pemerintah Daerah, baik Kabupaten, Kota, maupun Provinsi ini mengusung tema ‘Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19’.

banner 300x250

Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menuturkan, penyelenggaraan lomba oleh Kementerian Dalam Negeri tersebut dilatarbelakangi ketidakpastian kapan pandemi Covid-19 akan berakhir sehingga membutuhkan sebuah skenario guna beradaptasi dengan kondisi yang ada.

“Pemerintah pusat tidak ingin masyarakat kita menjadi tidak produktif sehingga dibuatlah skenario untuk mengatasi situasi ini. Salah satunya ialah new normal. Skenario ini dimaksudkan agar masyarakat dapat beraktifitas dan tetap produktif, namun aman dari paparan Covid-19 dengan menekankan penerapan protokol kesehatan,” jelas Bupati.

Menurut Bupati, dari hasil seleksi, seluruh video inovasi itu sangatlah mengagumkan. Tidak satu pun dari karya tersebut yang mengecewakan. Semua karya video layak untuk ikut serta dalam ajang lomba.

Lebih lanjut, Bupati mengungkapkan, melalui lomba yang digagas pemerintah pusat itu, diharapkan daerah, khususnya Kabupaten Inhil dapat menerapkan protokol dan simulasi guna menyongsong tatanan normal baru.

7 video yang diseleksi Bupati, telah sesuai dengan ketentuan perlombaan oleh pihak penyelenggara. Ketujuh video itu memuat konten yang berbeda untuk 7 sektor yang berbeda pula.

“Ada 7 bidang, seperti pasar tradisional, pasar modern baik mall yang besar atau yang tidak punya mall, ada minimarket, restoran, hotel, kemudian PTSP yang ada pada semua daerah untuk memberikan pelayanan publik terpadu satu pintu, kemudian tempat wisata dan juga transportasi umum,” ungkap Bupati.

Terakhir, Bupati berharap, agar Kabupaten Inhil dapat memenangkan ajang perlombaan di tingkat nasional ini. “Kalau menang, artinya kita sudah masuk dalam kategori daerah yang paham serta mampu menerapkan protokol dan simulasi kesehatan Covid-19 dengan baik,” tukas Bupati. (adv)