oleh

Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah Serentak Mengikuti Asesmen Kompetensi 2020

Bengkalis, (Inforiau.ID)-Jum’at (20/11) MTs Negeri 2 Bengkalis terpilih sebagai salah satu tuan rumah untuk pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP) di lingkungan Madrasah di kabupaten Bengkalis. Menurut jadwalnya, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 20 s.d 22 November 2020.

Kegiatan ini merupakan agenda dari kementerian agama, yang diikuti oleh guru, kepala dan pengawas madrasah. Untuk guru, tidak semua guru yang dapat mengikuti kegiatan ini, hanya sebagaian guru dengan mata pelajaran yang sudah ditetapkan seperti guru Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, BK (Bimbingan Konseling) dan yang lainnya.

banner 300x250

“AKG, AKK dan AKP madrasah sangat penting. Karena hal itu akan menjadi penentu kualitas penyelenggaraan pembelajaran di madrasah. Hasil dari asesmen ini akan menjadi dasar kebijakan kemenag.” Ujar Mutmainnah, S.Ag selaku Kepala MTsN 2 Bengkalis.

Asesmen kompetensi bagi guru, kepala dan pengawas madrasah ini bertujuan mengetahui tingkat dan gambaran informasi umum kompetensi mereka sesuai standar yang telah ditetapkan. Asesmen juga penting untuk memetakan sebaran dan Kompetensi mereka sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

“kegiatan ini dilaksanakan masih dalam keadaan pandemi Covid-19, sehingga seluruh peserta juga panitia tetap diharuskan untuk menggunakan protokol kesehatan sebagaimana mestinya. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini sudah bisa memetakan apa saja yang nantinya dibutuhkan dalam hal pembinaan maupun pengembangan guru termasuk kepala madrasah.” Tambahnya. (4ndo)