oleh

Tingkatkan UMKM di tengah Pandemi Covid-19, IKB Gelar Seminar Pengembangan Usaha, Gandeng Dinas Koperasi

PEKANBARU – Ikatan Keluarga Besar (IKB) SMPN 5 Pekanbaru menggelar seminar pengembangan Usaha Koperasi Kerjasama Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Pekanbaru, di Hotel Grand Central Pekanbaru, Senin (23/11/2020).

banner 300x250

Seminar ini menghadirkan narasumber dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Riau dan Dinas Koperasi dan UMKM dengan harapan bisa meningkatkan UMKM yang ada di Pekanbaru saat ini.

Ketua IKB SMPN 5 Pekanbaru, Parisman Ihwan mengatakan, seminar ini bertujuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat yang saat ini tengah tersendat akibat pandemi Covid-19.

Apalagi, kata Anggota DPRD Riau ini, saat ini pemerintah sudah memberikan kemudahan kepada dunia usaha dengan disahkannya UU Omnibus Law Cipta Kerja, sehingga hal ini harus dimaksimalkan oleh pelaku usaha.

Kemudahan-kemudahan itu, dijelaskannya seperti, mudahnya perizinan bahkan untuk mengurus sertifikat halal tidak dikenakan biaya apapun, mudahnya pinjaman ke bank,  mudahnya akses pemasaran, akses digitalisasi dan kemudahan lainnya.

Adapun peserta seminar ini merupakan anggota dari IKB, dan semuanya akan mendapatkan pencerahan dari narasumber-narasunber berkompeten, dan nantinya bisa diimplementasikan oleh para pelaku usaha ini.

“Geliat ekonomi harus ditingkatkan di tengah pandemi ini, kita harus lebih kreatif lagi dalam mengembangkan usaha, makanya seminar-seminar seperti ini kita laksanakan,” kata pria yang biasa disapa Iwan Fatah ini kepada GoRiau.com, Senin (23/11/2020).

Tak hanya mendapatkan pemahaman saja, para UMKM ini juga akan diberikan bantuan baik dalam segi bahan baku usaha atau modal pendanaan. Dengan harapan, usaha mereka bisa berkembang dan berdampak pada kesejahteraan mereka.

Kemudian, IKB juga akan memaksimalkan koperasi ‘Limper’ untuk membantu UMKM-UMKM yang ada di Pekanbaru. Pengurus koperasi ini merupakan wujud dari peran IKB untuk membantu perekonomian masyarakat.

“Kita akan terus mendorong bagaimana masyarakat kita menjadi wirausaha, makanya kita akan support terus apa yang mereka perlukan, tentunya dengan menjalin sinergisitas dengan dinas-dinas terkait,” tutupnya.