oleh

Qur’an Center Akan Dibangun di Riau, Iwan Fatah Harap Diskusi di Kalangan Millenial Riau Bisa Lebih Agamis

PEKANBARU – Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ihwan membenarkan bahwa pihaknya sudah menganggarkan pembangunan Qur’an center di kawasan Purna MTQ Pekanbaru di tahun anggaran 2021 ini sebesar Rp 17,9 Milyar.

Pria yang biasa disapa Iwan Fatah ini berharap, pembangunan tersebut bisa memenuhi harapan pemerintah supaya nilai religius masyarakat Riau bisa meningkat, mengingat Riau merupakan daerah Melayu yang kental dengan nilai islami.

banner 300x250

Pada tahun 2020 lalu, kata Iwan, pihaknya juga sudah menganggarkan dan dinas terkait juga telah merealisasikan anggaran tersebut untuk membiayai pembuatan Detail Engineering Design (DED) dalam pembangunan Qur’an Center ini.

“”Ini bentuk kerjasama kita dengan Pemprov Riau dalam upaya melahirkan qori dan qoriah berkualitas di Riau, apalagi ini merupakan janji Gubernur dan Wakil Gubernur Riau kepada masyarakat Riau. Jadi ini bentuk komitmen Pak Gubernur dalam meningkatkan religiusitas masyarakat Riau,” ujarnya, Senin (18/1/2021).

Tak hanya itu, Qur’an Center ini diharapkan juga akan menjadi pusat studi dan riset Qur’an sama seperti Qur’an Center yang ada di Kepulauan Riau. Sehingga, ada sarana untuk mendalami ilmu Al-Qur’an.

Lebih jauh, Iwan juga sangat mengharapkan supaya Qur’an Center ini bisa meningkatkan minat para millenial-millenial di Riau, khususnya Pekanbaru terhadap Al-Qur’an. Sehingga, diskusi-diskusi antar millenial lebih mengarah ke pembahasan agamis.

“Dengan adanya Qur’an Center ini diharapkan para qori dan Qoriah asal Riau bisa meraih prestasi membanggakan karena sudah ada sarana untuk mereka mengasah kemampuannya,” tuturnya.

Sebagai informasi, pembangunan Qur’an Center ini menjadi janji politik Syamsuar yang paling diingat oleh masyarakat, dimana hal itu dia sampaikan saat deklarasi maju di Pilgub Riau 2018 lalu.