oleh

Berdiri Sejak 1960, Musalla Al Mu’min Polsek Bangko untuk Pertama Kali Gelar Shalat Jumat Pasca Jadi Masjid

BAGANSIAPIAPI – Untuk pertama kalinya sholat Jumat berjamaah dilaksanakan di Mesjid Al Mu’min Polsek Bangko, Jumat (22/1/2020). Sholat Jumat perdana bertepatan 9 Jumadil Akhir 1442 H.

Sholat Jumat perdana ini bisa dilaksanakan karena sebelumnya mesjid tersebut sudah ditingkatkan statusnya dari mushalla menjadi mesjid. Sejak berdiri tahun 1960, Al Mu’min masih berstatus sebagai mushalla.

banner 300x250

Sebelum menjadi mesjid, mushalla Al Mukmin sudah dilakukan perbaikan dan pembangunan kembali dan diresmikan oleh Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik, Kamis (14/1/2021) lalu.

Pada Jumatan perdana ini bertindak menjadi khatib Pjs Kakan Kemenag Kabupaten Rokan Hilir, Drs H Sakolan Khalil, MAg.

Dalam khutbahnya, Drs H.Sakolan Khalil MAg menekankan pentingnya membina hubungan dengan Allah SWT melalui ibadah dan menjalin ukhuwah Islamiah sesama muslim.

Bertindak sebagai imam, Ustaz Syukri dan muazim (bilal) Ade dan dari deretan jamaah juga terlihat Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais SH, AKP Sapto Kasat Polair Polres Rohil, Ipda Rahmad dan personil Polsek Bangko.

Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH didampingi Aiptu Purn Al Kholid selaku Ketua Mesjid Al Mu’min Polsek Bangko dan Bribka Azhari menyebutkan Jumat (22/1/2021) merupakan sholat Jumat perdana di mesjid tersebut.

“Ya, Jumat ini merupakan sholat Jumat perdana berjamaah di sini dan alhamdulillah jamaahnya ramai. Saat ini juga sedang dilakukan sedikit perluasan untuk menampung jamaah,” ucap Sasli Rais.

Selain itu, di komplek mesjid Al Mu’min Polsek Bangko yang berada di Jalan Tugu dan berdampingan dengan Mess Pemda Rohil ini juga telah dibuka rumah Tahfiz Quran An Nur Bhayangkara Polres Rohil.

Bagi masyarakat Bagansiapiapi dan anak-anak Polri yang pernah menempati Asrama Polsek Bangko pasti masih ingat dengan Mushola Catur Sakti dengan Tuan Imamnya Alnarhum Chalifah Haji Bahatan di era 1960 hingga 2000 lalu.

Kini bangunan mesjid Al Mu’min sudah permanen dilengkapi AC dan fasilitas lainya dan ramai dikunjungi jamaah tiap sholat fardu karena posisinya di pusat Kota Bagansiapiapi.