oleh

Realisasi PAD Bapenda Pekanbaru di 60 Persen Jelang Akhir Triwulan Pertama

PEKANBARU – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru sudah mengumpulkan 60 persen pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) di triwulan pertama tahun 2021. Jumlah ini setara dengan Rp78 juta pencapaian dari target triwulan yang ditetapkan sebesar Rp140 juta.

“Sampai kemarin sudah terkumpul sekitar Rp78 juta. Kita upayakan capai target triwulan pertama,” ujar Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Kamis (4/3/2021).

banner 300x250

Menurutnya, Bapenda optimis dapat mencapai target triwulan pertama yang masih menyisakan sekitar satu bulan lagi sebelum berakhir. Saat ini, penyumbang terbesar pendapatan berasal dari sektor pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Jumlah realisasi pada sektor BPHTB mencapai Rp21,2 miliar. Di sektor Pajak Penerangan Jalan (PPJ) ada sebesar Rp21,7 miliar, pajak restoran Rp14 miliar, pajak hotel 5,5 miliar, dan pajak reklame Rp 5,5 miliar,” jelasnya.

“Kemudian, bulan ini kita perkirakan akan masuk dari pajak reklame Rp3 miliar lagi,” paparnya.

Sementara itu, ia menyebut bahwa saat ini kondisi perekonomian masyarakat sudah mulai membaik. Sejak pandemi Covid-19 lalu, Mobilisasi masyarakat juga telah meningkat.

“Misalnya di pajak restoran, sebelumnyakan sempat terjun ke Rp2,2 miliar perbulan. Saat ini, sudah sekitar Rp7 miliar per bulan saat ini. Artinya sudah ada peningkatan daya ekonomi masyarakat,” pungkasnya.