oleh

Tindaklanjuti Food Estate, Kementan akan Segera ke Riau

PEKANBARU – Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo menyambut baik rencana pengembangan Food Estate di Provinsi Riau.

Mentan bahkan langsung menginstruksikan pejabat terkait di Kementan untuk turun ke Negeri Lancang Kuning.

banner 300x250

“Alhamduillah Pak Mentan senang dan menyambut baik rencana pengembangan Food Estate di Riau,” ucap Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar usai diterima Mentan Syahrul Yasin Limpo di Kantor Kementan RI, Jakarta, Kamis (04/03/2021).

Riau sendiri sudah menyiapkan lahan seluas 30.294 ha yang tersebar di Indragiri Hilir, Rokan Hilir dan Pelalawan.

Rencananya tidak hanya ditanam padi, tapi juga tanaman holtikultura seperti jagung, kencur, nenas, manggis dan lainnya yang memiliki nilai ekonomis.

“Pak Mentan tadi bahkan langsung menugaskan Dirjen dan Kepala Litbang untuk segera ke Riau melakukan survei. Sehingga nanti bisa dipastikan berapa lahan yang diperlukan,” ulas Gubri lagi.

Selain untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani, pengembangan Food Estate ini juga bagian dari upaya Pemprov Riau mendukung program nasional. Khususnya meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Sejak 2019, lahan pertanian di Riau terus mengalami peningkatan. Sebelumnya luas lahan pertanian sekira 5.000 ha. Sementara saat ini sudah mencapai 7.500 ha. (adv)