oleh

Sempena HUT ke-13 Kepulauan Meranti, Azimat Melayu Pesisir Taja Berbagai Perlombaan

SELATPANJANG – Sempena Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 Kabupaten Kepulauan Meranti, Komunitas Azimat Melayu Pesisir menggelar berbagai perlombaan. Pelepasan pawai budaya dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH, Minggu (19/12/2021).

Acara pawai budaya dengan rute dimulai dari Jalan Dorak sampai ke RTH LAMR Kepulauan Meranti diikuti oleh perwakilan LAMR, Azimat Melayu Pesisir dan Tanam Kanak-kanak (TK) se-Kecamatan Tebingtinggi.

banner 300x250

Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Azimat Melayu Pesisir sehingga terlaksanakan kegiatan ini. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari menjaga khasanah budaya dari pesatnya kemajuan teknologi dan globalisasi.

“Kegiatan ini juga memiliki maksud dan tujuan yang sangat luhur, tidak hanya dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat saja, melainkan turut ditujukan untuk memelihara dan mewariskan permainan olahraga tradisional sebagai bagian dari budaya bangsa yang kita cintai di Kabupaten Kepulauan Meranti,” ungkap Bupati Adil.

“Saat ini kita tidak lagi banyak menyaksikan anak-anak bermain gasing, layang-layang, enggrang, patok lele, dan petak umpet atau dalam bahasa melayunya suruk benteng, serta permainan lainnya di halaman rumah. Kini anak-anak kita lebih senang bermain game online,” pungkasnya.

Setelah memberikan sambutan juga dilakukan penyerahan cenderamata dari Azimat Melayu Pesisir kepada Bupati Muhammad Adil berupa layang- layang dan gasing. Selanjutnya, Bupati Adil juga melihat perlombaan pembuatan dodol dan bermain gasing.