oleh

Meriahnya Festival Perahu Beganduang di Kuansing

KUANSING (Inforiau.ID) – Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing gelar acara tradisional lubuk Jambi “Festival Perahu Beganduang dan Upacara Tradisional manjopuik Limau” di tepian topi lobuoh desa banjar padang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Rabu (28/6/2017) pukul 14.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau, H. Wan Thamrin Hasyim beserta Istri, Drs H.Mursini, MSi (Bupati Kuansing) beserta Istri, Sardiono, Amd (Wakil Ketua I DPRD Kuansing), H. Muharlius, SE, MM (PLT Sekda Kab. Kuansing), Para Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan dan Kepala Bagian Jajaran Pemda Kuansing.

banner 300x250

Selain itu, hadir juga Camat Kuantan Mudik Drs. Jevrian Afriandy, MSi, Pelda Alpihadi (mewakili Danramil 08/KM), AKP Eddy Renhar (Kapolsek Kuantan), Kepala Desa se Kecamatan Kuantan Mudik serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat e Kuantan Mudik.

Bupati Kuansing atas nama Pemda dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas kedatangan Wakil Gubernur Riau.

“Festival perahu Beganduang merupakan acara tradisional masyarakat Kuantan Mudik, dan sudah mendapatkan anggaran dari Kabupaten,” sambungnya.

“Perahu Beganduang merupakan tradisi masyarakat yang terdiri dari 2 perahu yang diganduang untuk menjemput Limau, Kegiatan ini harus terus dilestarikan,” harapnya lagi.

Festival Berahu Beganduang ini dibuka secara resmi oleh Ealil Gubernur Riau, H Wan Thamrin Hasyim.

Dalam kesempatan tersebut, H Wan Thamrin Hasyim menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1438 H. Kepada masyarakat Kuansing khususnya masyarakat Lubuk Jambi.

“Festival perahu Beganduang harus selalu dilestarikan menjadi warisan nenek moyang kita, Saya sebagai Wagubri sangat bangga akan festival budaya ini, dan Pemprov akan selalu mendukung festival ini untuk dijadikan salah satu giat wisata Melayu Riau.

Dari pantauan kami dilapangan,masyarakat yang datang meramaikan festival Perahu Beganduang ini tidak kurang dari seribuan orang. (TW)