oleh

Manchester City Tawar Gelandang Barcelona Rp901 Miliar

MANCHESTER – Manchester City berencana mendatangkan gelandang Barcelona, Sergio Busquets, pada bursa transfer Januari 2018. Seperti diberitakan Don Balon, Minggu (24/12/2017), The Citizens –julukan Man City– akan mengeluarkan dana 56 juta euro atau sekira Rp901 miliar untuk mendapatkan gelandang berusia 29 tahun itu.

Sebenarnya, angka tersebut jauh di bawah klausul pelepasan Busquets yang masih terikat kontrak bersama Barcelona hingga 30 Juni 2021. Saat ini Busquets memiliki klausul pelepasan mencapai 200 juta euro atau sekira Rp3,2 triliun.

banner 300x250

Namun, masih diberitakan Don Balon, Guardiola yakin Busquets bisa ditebus dengan Rp901 miliar. Apalagi, Busquets ditengarai merasa cukup untuk membela Barcelona. Sekadar diketahui, Barcelona dikenal sebagai klub yang tak mau menahan kepergian sang pemain ke tim lain.

BACA JUGA: Guardiola Tak Mau Ikut Campur Terkait Masa Depan Aguero

Ambil contoh ketika Neymar Jr ingin hengkang, Barcelona pun mempersilakannya untuk pindah ke Paris Saint-Germain (PSG). Selain itu, satu faktor lain yang membuat Busquets berpotensi hengkang ke Man City ialah keberadaan Guardiola di kursi kepelatihan.

Guardiola adalah sosok yang memberikan debut bagi Busquets di utama Barcelona pada 2008-2009. Sejak saat itu, Busquets tumbuh menjadi gelandang andalan Barcelona dan Tim Nasional (Timnas) Spanyol. Semenjak membela Barcelona pada 2008, gelandang jangkung itu telah mempersembahkan 25 trofi bagi publik Estadio Camp Nou.

BACA JUGA: Guardiola Pahami Situasi Tidak Nyaman Aguero di Manchester City

Nantinya jika berhasil didatangkan, Busquets akan membuat kombinasi apik bersama dua gelandang kelas dunia lain yang ada di Man City. Dalam pola 4-3-3 racikan Guardiola, Busquets akan berkolaborasi dengan Kevin De Bruyne dan David Silva.

Betapa berbahanya lini tengah Man City jika nama-nama tersebut dapat bermain bersama. Jika hal itu terealisasi, target Man City bukanlah sekadar menjuarai Liga Inggris, namun juga keluar sebagai kampiun Liga Champions, trofi yang belum pernah dimenangi sepanjang sejarah berdirinya klub.

(Ram)