oleh

Kisah Pilu Hidup Yon Koeswoyo, Mulai Telat Menikah hingga Cari Pinjaman Uang untuk Persalinan

JAKARTA – Dikenal sebagai musisi legendaris, kehidupan Yon Koeswoyo tak seperti artis besar pada umumnya. Beberapa kisah pahit seputar kehidupannya sempat ia alami mulai soal jodoh hingga urusan finansial.

Diantara saudara-saudaranya, Yon Koeswoyo bisa disebut telat menikah. Ia sempat jatuh hati pada seorang wanita dari kalangan band namun tak berujung pada kebahagiaan. Cinta itu tak berlanjut sampai-sampai pria asal Jawa Timur ini mengungkapkan perasaannya melalui sebuah tembang berjudul Hidup Yang Sepi.

banner 300x250

Baca Juga: Kenang Sosok sang Ayah, Putra Yon Koeswoyo: Meski Sakit, Ia Senang Menghibur Banyak Orang

Yon kemudian menikah dengan seorang wanita bernama Damiana Susi dan dikaruniai dua orang anak. Namun pernikahan yang dibina dengan wanita asal Yogyakarta itu tak bertahan selamanya karena berujung dengan perceraian. Hal ini tentu saja membuat Yon terpuruk karena kariernya sedang diuji kala itu.

Menyandang status duda, Yon Koeswoyo masih menarik untuk seorang wanita bernama Bonita Angela. Keduanya menikah dan dikaruniai dua orang anak. Sampai akhir hayatnya pada Jumat (5/1/2018), Bonita Angel setia mendampingi sebagai seorang istri dan manager untuk pelantun tembang hits Kolam Susu tersebut.

Memiliki dua orang anak dari Bonita Angel, ada pula kisah pilu yang dialami Yon Koeswoyo. Salah satunya saat Bela Aron Koeswoyo, putra pertama dari Bonita Angelia lahir. Pada pertengahan tahun 1990 an, pria yang meninggal pada usia 77 tahun tersebut diketahui tak mampu membayar biaya persalinan yang jumlahnya Rp 500 ribu. Hal ini ia ceritakan pada buku yang telah diterbitkan.

Saat itu kehidupan Yon Koeswoyo memang terbilang pas-pasan. Meskipun telah menghasilkan banyak karya bersama grup bandnya, Koes Plus nyatanya perekonomian keluarganya belum bisa disebut stabil. Mengorbankan rasa malu, ia pun harus meminjam uang demi membayar biaya persalinan itu.

Baca Juga: Rian Merinding Kenang Pesan Yon Koeswoyo untuk D’MASSIV

Kesulitan soal finansial bukan menjadi hal baru dalam hidup Yon Koeswoyo. Meskipun demikian, bapak empat orang anak ini tak meletakkan uang di atas segala-galanya.

Salah satu buktinya adalah saat Yon mengisi hari-harinya dengan melukis sejak tahun 2001 dan tetap menciptakan lagu, menyiapkan album, hingga manggung untuk menyapa para penggemarnya. Meskipun urusan finansial menjadi salah satu masalah dalam hidup, namun nyatanya hobinya melukis tak ditujukan untuk komersil.

(edi)

Sumber : okezone.com