oleh

Kaos Kaki Bertuliskan “Allah” Bikin Geger, Raksasa Retail Swedia Tarik Produk

HELSINKI – Perusahaan pakaian raksasa asal Swedia H&M terpaksa menarik sejumlah produk kaos kaki anak-anak dari tokonya setelah menerima laporan adanya gambar yang mirip dengan aksara Arab bertuliskan ‘Allah’ di salah satu desainnya. Media Swedia melaporkan, sepasang kaos kaki bergambar balok Lego yang memegang jackhammer (mesin pengebor jalan otomatis) itu menimbulkan kontroversi setelah beberapa pelanggan melayangkan keluhan.

BACA JUGA: Nike Tolak Bubuhkan Kata ‘Islam’ di Produk Sepatunya

banner 300x250

Pola pada kaos kaki itu sebenarnya menggambarkan sosok Lego memegang jackhammer yang sedang melakukan perbaikan jalan. Dalam pernyataan yang dikutip Dagens Nyheter, H&M menegaskan bahwa tulisan lafadz ‘Allah’ yang tersembunyi itu “benar-benar sebuah kebetulan” dan ketidaksengajaan. Meski begitu, perusahaan ritel itu memilih untuk menarik semua produk kaos kaki tersebut karena melihat reaksi publik.

Video: Youtube/Shaah Sheeko

Diwartakan RT, Senin (29/1/2018), insiden tersebut muncul beberapa pekan setelah H&M mendapat kecaman karena iklan yang menampilkan bocah kulit hitam mengenakan sweater dengan kata-kata: “Monyet paling keren di hutan.” Iklan tersebut memicu reaksi balik internasional dan tuduhan “rasisme.” Beberapa kritikus bahkan mengatakan bahwa mereka akan memboikot merek tersebut. Toko-toko H & M di seluruh Afrika Selatan ditutup setelah mereka menjadi sasaran protes.

BACA JUGA: MUI Imbau Jangan Pakai Sandal Berlafadz Allah

Sebagai reaksi atas kecaman tersebut, H&M kemudian merekrut seorang “pemimpin global” untuk menangani masalah “keragaman dan inklusivitas.”

(dka)

Sumber : okezone.com