oleh

Yang Harus Dilakukan untuk Jadi Suami Siaga Jelang Kelahiran

JAKARTA – Menginjak trimester ketiga kehamilan, bukan hanya istri yang perlu mempersiapkan segala sesuatunya tapi juga sang suami. Tak jarang, para suami masih kebingungan apa yang perlu dilakukannya menjelang kelahiran. Padahal peran suami menjelang kelahiran sangat penting demi kelancaran persalinan kelak. Nah, di masa tersebut banyak yang wanita yang ingin suaminya menjadi suami siaga (siap antar jaga). Sebenarnya apa saja sih Lantas, apa saja hal yang perlu dilakukan untuk menjadi suami siaga?

Mau jadi suami siaga? Begini caranya

banner 300x250

Menjadi suami siaga atau siap antar jaga, membuat Anda harus selalu mencurahkan perhatian dan mendampingi istri sebisa mungkin. Misalnya, mendampingi istri periksa kehamilan. Tak cuma itu, Anda juga perlu memantau dan menjaga kondisi kesehatan istri. Siap untuk jadi suami siaga? Ini yang harus dilakukan.

Memberikan dukungan dan perhatian pada istri secara penuh

Menghadapi istri yang sedang hamil membutuhkan kesiapan dan kesabaran tersendiri. Pasalnya kadar hormon yang naik-turun dalam tubuh akan membuat suasana hati wanita berbeda dari biasanya.

Di awal kehamilan, umumnya wanita hamil akan merasa lelah dan tidak enak badan. Lalu, indera penciuman dan perasanya biasanya akan menjadi lebih sensitif lebih dari biasanya yang membuatnya mudah merasa mual dan muntah.

Di minggu-minggu ini Anda perlu mendampinginya dan memberi perhatian lebih karena biasanya awal kehamilan merupakan masa-masa terberat jika wanita mengalami masa-masa seperti mual dan muntah atau morning sickness.

Seiring dengan pertambahan usia kehamilan, bayi akan semakin berat dan hal ini cukup membuat wanita mudah merasa lelah. Berikan pengertian padanya dengan mulai membantu pekerjaan rumah yang biasa dilakukan. Tunjukkan pada pasangan bahwa ia tidak sendirian, ada Anda yang akan selalu membantu dan mendampinginya.

Berikan perhatian lebih dengan mengingatkan pasangan untuk makan-makanan bergizi dan memijatnya saat mengalami kesulitan tidur. Selain itu, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk menemaninya berkonsultasi ke dokter secara rutin agar Anda juga tahu perkembangan si kecil di dalam kandungan.

Anda juga bisa memberikan dampingan dengan mengikuti kelas kehamilan dan kelahiran secara bersama-sama.

Mengetahui apa yang perlu disiapkan menjelang kelahiran

Beberapa hal yang perlu suami siapkan menjelang kelahiran di minggu-minggu terakhir kehamilan, yaitu:

-Pastikan handphone Anda selalu aktif dan bisa dihubungi, terutama jika Anda sedang berada di luar rumah.

-Diskusikan bersama istri tercinta rumah bersalin mana yang akan Anda datangi. Usahakan untuk memilih lebih dari satu rumah bersalin.

-Jangan lupa untuk mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan dan pastikan berada dalam kondisi baik dan bensin terisi penuh.

-Jangan lupa untuk mengepak barang yang akan Anda bawa kerumah sakit seperti baju ganti istri, baju untuk si kecil, kartu identitas, uang tunai atau kartu debit, kamera, sandal, bantal tambahan, dan makanan kecil.

(ris)