oleh

Danrem 031/WB Secara Resmi Menutup Latihan Posko I Kodim 0320/Dumai 2018

Dumai (Inforiau.ID) – Latihan Posko I Kodim 0320/Dumai diakhiri dengan kegiatan dinamika, dimana kegiatan ini diperumpakan pelaku melaksanakan simulasi penanggulangan karlahut yang terjadi di Kota Dumai. Kegiatan simulasi karlahut ini dilaksanakan secara sinergis antara TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan Regu Pemadam DKPP Kota Dumai.

Setelah kegiatan penanggulangan karlahut selesai dilanjutkan kegiatan tatap muka 3, dimana kegiatan ini menggambarkan kegiatan Pemko Dumai dalam hal ini Walikota sebagai Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada Tim penanggulangan karlahut yang telah berhasil melaksanakan tugasnya. Setelah rangkaian diatas selesai dilanjutkan dengan upacara penutupan Latihan Posko I Kodim 0320/Dumai.

banner 300x250

Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto, S.E, M.M serta dihadiri Walikota Dumai Bapak Zulkifli, AS, Kasi Ops Korem 031/WB Kol Inf P. Sitorus, Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak, S.I.P, Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik, Dansat Radar 232 Dumai Letkol Lek Chandra Kirana, Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan, Danden Arhanud Rudal 004 May Arh Gede, Pabanda Lat Sopdam I/BB, Staf Lat Rem 031/WB, GM. PT. Pertamina RU II Dumai, GM. PT. Pelindo I Dumai, GM. PT. Wilmar Group, Kapten Laut Harsono mewakili lanal Dumai, Dansubdenpom I/3-1 Dumai, Kadis DKPP Kota Dumai, Staf Disos, Kepala BPBD Kota Dumai dan Ketua Manggala Agni Kota Dumai.

Sedangkan pasukan upacara terdiri Anggota Kodim 0320/Dumai, Den Arhanud Rudal 004 Dumai, Polres Dumai, Manggala Agni Kota Dumai, Regu Pemadam DKPP Kota Dumai dan Satuan Musik dari Den Arhanud Rudal 004 Dumai. Kegiatan Upacara penutupan Latihan Posko I Kodim 0320/Dumai dilaksanakan dilapangan upacara Makodim 0320/ Dumai dan Latihan Posko I dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 22 s.d 24 Mei 2018 bertempat di Aula Sudirman makodim 0320/Dumai.

Sambutan Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto, S.E, M.M, kita ketahui bahwa penilaian keberhasilan pelaksanaan latihan Posko I bukan hanya diukur dari selesainya mekanisme latihan, melainkan diukur dari bagaimana pelaksanaan Latihan Posko I ini dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki Komandan dan Staf dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemui, baik pada saat perencanaan, persiapan dan pelaksanaan serta pengendalian operasi.

“Diharapkan peserta mampu menyerap berbagai meteri dari proses latihan selama latihan berlangsung, dengan variasi persoalan yang disampaikan. Selanjutnya saya mengharapkan hasil latihan ini dapat diaplikasikan dalam menghadapi tantangan tugas yang sewaktu-waktu diberikan oleh Komando di medan tugas sebenarnya, karena keberhasilan tugas pokok satuan tergantung kepada sinergi antara pimpinan dan unsur Staf dalam memberikan perintah kepada bawahan atau pelaksana serta adanya pengawasan dan pengendalian yang tepat dalam menghadapi tugas yang dilaksanakan, ” ujarnya.

Kita ketahui bahwa tahun ini akan diselenggarakan event olahraga Asian Games yang salah satu tempat pelaksanaannya di Palembang. Apabila karhutla tidak dapat dicegah maka kabut asap yang ditimbulkan dari karhutla akan dapat mengganggu terlaksananya event Internasional ini. Hal tersebut tentunya akan mempertaruhkan kehormatan dan nama baik NKRI dimata dunia Internasional. Untuk itu pengetahuan yang diperoleh selama pelaksanaan Latihan Posko I, hendaknya dapat dijadikan referensi dalam melaksanakan tugas untuk mencegah terjadinya karhutla demi sukses dan terselenggaranya Asian Games ke- XVIII tahun 2018.

Selesai melaksanakan upacara dilaksanakan acara tamabahan berupa penyerahan sepeda motor Trail Viar sebanyak 3 Unit dari GM PT. Wilmar Group Bapak Dominikus Tanoko kepada Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak, S.I.P yang disaksikan oleh Danrem 031/WB Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto, S.E, M.M dan diakhiri dengan kegiatan poto bersama dilapangan upacara Makodim 0320/Dumai. (BS)